HASIL SURVEY INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PUSKESMAS BAMBANGLIPURO SEMESTER I TAHUN 2016

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung Reformasi Birokrasi adalah keberhasilan dalam pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.Dalam Road Map Reformasi Birokrasi 2014-2015 (Permenpan & RB Nomor 20 Tahun 2015), salah satu program kegiatannya adalah: Penetapan Evaluasi Kinerja Pelayanan berdasarkan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pemerintah Kabupaten/Kota yang mempresentasikan Kinerja Provinsi.
Hasil yang diharapkan dalam kegiatan survey IKM adalah: angka/skor capaian IKM unit pelayanan pada pemerintah Kabupaten/Kota yang mereprensentasikan kinerja propinsi. Dengan demikian, walaupun IKM tersebut diterbitkan melalui Kepmenpan Nomor 25/M.PAN/2/2015 (sudah 8 tahun lalu), namun masih tetap relevan untuk mendukung program Reformasi Birokrasi melalui Road Map Reformasi Birokrasi (Permenpan dan Reformasi Birokrasi No. 20 Tahun 2015).
Puskesmas Bambanglipuro adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah di bawah Dinas Kesehatan. Dalam era desentralisasi Puskesmas dituntut untuk mampu menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien, merata, adil, bermutu dan memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah kerjanya.
Undang-undang no. 25 tahun 2015 tentang Pelayanan Publik dalam pasal 38 ayat (1) berbunyi penyelenggara berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara berkala. Oleh karena itu Puskesmas Bambanglipuro mengadakan survei kepuasan masyarakat.

Tujuan kegiatan survey IKM ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat secara berkala dan mengetahui kecenderungan kinerja pelayanan Puskesmas Bambanglipuro pada kurun waktu bulan Januari s/d Juni Tahun 2016

Sasaran kegiatan ini adalah :
1. Mengetahui dan mengevaluasi tingkat kinerja Puskesmas Bambanglipuro dalam  memberikan pelayanan kepada masyarakat;
2. Mendorong tumbuhnya inovasi untuk penataan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat dilaksanakan lebih berdaya guna dan berhasil guna;
3. Mendorong tumbuhnya kreativitas, prakarsa dan peran serta masyarakat dalam mengevaluasi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik

Responden dalam penilaian IKM Puskesmas Bambanglipuro tahun 2016 adalah semua orang yang sedang dan pernah berkunjung ke puskesmas Bambanglipuro. Jumlah responden 150 orang. Umur responden berkisar 15 – 75 tahun.  Responden berdasar jenis kelamin laki-laki 33 (22%) dan perempuan 117 (78%).

Hasil penilaian IKM Puskesmas Bambanglipuro adalah sebagai berikut. Indeks kepuasaan masyarakat unit pelayanan Puskesmas Bambanglipuro adalah 76,59. Berdasar skor mutu pelayanan berada pada kisaran 62,51 – 81,25 yang berarti B (Baik). Pendapat responden tentang pelayanan publik di Puskesmas Bambanglipuro pada umumnya adalah baik.
Hasil skor pendapat masyarakat NRR/Unsur tertinggi pada unsur Kewajaran biaya pelayanan 3,160 dan terendah unsur kecepatan pelayanan 2,913.

No. UNSUR PELAYANAN NILAI
RATA-RATA
U1 Prosedur pelayanan                                       3.127
U2 Persyaratan pelayanan                                  3.040
U3 Kejelasan petugas pelayanan                        3.107
U4 Kedisiplinan petugas pelayanan                     3.033
U5 Tanggung jawab petugas pelayanan              3.113
U6 Kemampuan petugas pelayanan                   3.147
U7 Kecepatan pelayanan                                    2.913
U8 Keadilan mendapatkan pelayanan                 3.073
U9 Kesopanan dan keramahan petugas             3.093
U10 Kewajaran biaya pelayanan                         3.160
U11 Kepastian biaya pelayanan                          3.120
U12 Kepastian jadwal pelayanan                        3.033
U13 Kenyamanan lingkungan                             3.127
U14 Keamanan pelayanan                                 3.060

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *