EVALUASI PENYELENGGARAN PELAYANAN PUBLIK OLEH KEMENTRIAN PAN RB DI PUSKESMAS BAMBANGLIPURO

Pada hari Rabu tanggal 7 September 2016 di Puskesmas Bambanglipuro dilakukan kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Pubik oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kegiatan ini dilakukan oleh Kementrian PAN RB dengan sasaran 59 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dan salah satunya Kabupaten Bantul. Di Kabupaten Bantul sendiri selain di Puskesmas Bambanglipuro, Instasi yang dilakukan evaluasi adalah Kantor PTSP (Pelayanan Terpadu satu Pintu), Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil dan RSUD Panembahan Senopati.

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

1. Peningkatan kualitas pelayanan publik melalui perbaikan pelayanan publik
2. Mendorong unit pelayanan publik memberikan pelayanan yang prima
Metode yang dipergunakan dalam kegiatan ini adalah :

1. Quisoner Lembar Evaluasi Indeks Pelayanan Publik Pemerintah F-01  yang diisi oleh Pimpinan Puskesmas, dan Quisoner Lembar Evaluasi Indeks Pelayanan Publik Pemerintah F-03  yang diisi oleh Pasien

2. Wawancara dengan Pimpinan dan Pasien

3. Peninjauan langsung masing-masing unit pelayanan

Indikator Evalusi yang dipergunakan adalah :

1. Standar Pelayanan di Puskesmas
2. Maklumat Pelayanan di Puskesmas

3. Survey Kepuasan Masyarakat

4. Pengelolaan Pengaduan dan

5. Sarana/Prasarana Puskesmas

6. Inovasi Puskesmas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *