Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Bagi Petugas Puskesmas

Published by bambanglipuro on

Puskesmas Bambanglipuro menyelenggarakan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi seluruh karyawan (medis dan non medis) di Puskesmas pada tanggal 8 dan 15 Agustus 2018. Acara ini diselenggarakan di aula Puskesmas Bambanglipuro dan UGD Puskesmas Bambanglipuro. Pelatihan ini dilakukan dengan mengundang narasumber oleh tim PPGD dari Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul.

Peningkatan kompetensi petugas puskesmas dalam melakukan bantuan hidup dasar sangat diperlukan, terutama bagi petugas UGD dan ambulans. Bantuan Hidup Dasar adalah usaha yang pertama kali dilakukan untuk mempertahankan kondisi jiwa seseorang pada saat mengalami kegawatdaruratan atau mengancam nyawa. Tujuan pelatihan BHD adalah :

  1. Mencegah berhentinya sistem pernafasan atau sistem peredaran darah
  2. Memberikan bantuan external terhadap sistem pernafasan atau sistem peredaran darah melalui Resusitasi jantung Paru (RJP)
  3. Menyelamatkan nyawa korban
  4. Mencegah kecacatan

Kegiatan pelatihan ini diberikan melalui 2 macam metode yaitu teori dan praktek. Kegiatan praktek langsung bantuan hidup dasar dilakukan didalam kelas dengan menggunakan perlengkapan sesuai standar layanan kesehatan. Melalui pelatihan ini diharapkan kualitas pelayanan kegawatdaruratan terutama BHD yang dilakukan oleh petugas puskesmas menjadi lebih baik.

Bambanglipuro Cinta Sehat, Bambanglipuro ku Hebat.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *