PEMERIKSAAN KIMIA DARAH DAN FUNGSI GINJAL BAGI PESERTA PROLANIS “TRESNO ROGO”

Published by bambanglipuro on

Puskesmas Bambanglipuro bekerjasama dengan Laboratorium Cito Bantul melakukan pemeriksaan laboratorium kimia darah bagi peserta penyakit kronis (Prolanis) “Tresno Rogo”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, 13 Oktober 2018 bertempat di Aula Puskesmas Bambanglipuro. Kegiatan ini diikuti sebanyak 55 pasien yang tergabung dalam kelompok prolanis “Tresno Rogo”. Kegiatan hari ini diawali dengan penyuluhan kesehatan, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan IMT, pengukuran tekanan darah, pengambilan sample darah dan urine untuk pemeriksaan kimia darah dan fungsi ginjal.

Pemeriksaan kimia darah dan fungsi ginjal bagi peserta prolanis ini bertujuan untuk memonitoring kondisi pasien diabetes mellitus. Selain itu kegiatan ini juga berfungsi untuk mengevaluasi perawatan pasien kronis, apabila kondisinya memburuk maka dapat segera ditindaklanjuti dan dirujuk ke dokter spesialis.

Melalui kegiatan ini diharapkan supaya peserta prolanis tetap produktif, sehat dan mandiri. Melalui kegiatan ini juga dapat dipantau status kesehatan peserta dan bila ditemukan masalah kesehatan dapat segera diatasi. Dan akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup paserta prolanis di Puskesmas Bambanglipuro.

Salam sehat dari Puskesmas Bambanglipuro


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *