LANGKAH JITU DIET SEIMBANG

Published by bambanglipuro on

Sobat Sehat, makan bukan sekadar kenyang, namun juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Keragaman makanan dalam satu piring merupakan hal yang tak bisa ditawar, mencakup protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral seimbang. Kementerian Kesehatan telah mengenalkan panduan makan sehat melalui metode ‘Isi piringku’ yang dapat menjadi acuan sajian sekali makan.

Aturan pembagian makanan dalam ‘Isi Piringku’ adalah 2-3 porsi lauk pauk, 2-3 porsi buah-buahan, 3-4 porsi makanan pokok, 3-4 porsi sayuran.

Jangan lupa juga untuk membatasi konsumsi gula, garam dan minyak dengan rumus 4.1.5, artinya, setiap hari maksimal tubuh kita mengkonsumsi 4 SDM gula, 1 SDM garam dan 5 SDM minyak. Yang tidak kalah penting, konsumsi air putih yang cukup dan lakukan aktifitas fisik secara teratur minimal 30 menit sehari.

Sepuluh Pesan Gizi Seimbang :

  1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan
  2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
  3. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  4. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok
  5. Batasi mengonsumsi makanan manis, asin dan berlemak
  6. Biasakan sarapan
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
  8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
  9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir
  10.  Lakukan aktifitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal
Categories: Gaya HidupTips Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *