Cegah AKI dan AKB, Desa Sumbermulyo Canangkan Desa Siaga Sehat Ibu dan Bayi

Published by bambanglipuro on

Tim Pemantau dan Pimpinan Lintas Sektor Kec. Bambanglipuro

“Desa siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumberdaya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan, kesehatan secara mandiri”

Kamis, 1 agustus 2019 bertempat di Balai Desa Sumbermulyo, Camat Bambanglipuro (Drs Lukas Sumanasa, MPH) meresmikan Desa Siaga Sehat Ibu dan Bayi. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Desa Sumbermulyo dan Puskesmas Bambanglipuro untuk mengelola permasalahan kesehatan ibu dan anak di Desa Sumbermulyo.

Lurah Desa Sumbermulyo Dra. Ani Widayani menjelaskan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keinginan Desa Sumbermulyo untuk mengelola kesehatan ibu dan bayi karena menurut beliau masa kehamilan dan bayi adalah periode emas kehidupan. Sehingga kesehatan ibu dan bayi harus diperhatikan sesuai dengan standar kesehatan seperti Lingkar lengan min 23,5 cm, kadar Hb > 11 gr/dl, tekanan darah < 140/90 mmHg, Berat Badan bayi, Tinggi badan bayi, dll. Dengan mengelola seluruh faktor resiko yang ada pada ibu hamil, nifas dan bayi ini diharapkan generasi muda Desa Sidomulyo akan tumbuh menjadi generasi yang sehat, cerdas dan kuat sebagai mana visi kabupaten bantul untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bantul yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

Untuk mewujudkan desa siaga sehat ibu dan anak, Desa Sumbermulyo membentuk Tim Pemantau Kesehatan Ibu hamil, nifas dan bayi melalui SK Lurah Desa Sumbermulyo Nomor 22 Tahun 2019. Tim ini tersusun dari pihak pemerintah desa, Puskesmas dan kader kesehatan tiap dusun. Melalui tim ini diharapkan seluruh ibu hamil, nifas dan bayi terpantau kesehatannya secara terus menerus dan terpenuhi kebutuhannya dalam pelayanan kesehatan. Sebagai kelanjutan dari pembentukan Tim ini, desa akan menyelenggarakan pelatihan bersama dengan puskesmas untuk meningkatkan keterampilan kader kesehatan dalam memantau kesehatan sasarannya. Dan Puskesmas melalui bidan Desa akan terus bekerja mewujudkan Desa Sumbermulyo sebagai desa siaga sehat ibu dan bayi.

Salam sehat dari Bambanglipuro,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *