Mewujudkan Bambanglipuro Sehat, Desa Sidomulyo deklarasi 5 pilar STBM

Published by bambanglipuro on

Camat, Pimpinan Lintas Sektor, Lurah Desa, Dukuh dan kader kesehatan pada deklarasi 5 pilar STBM

Hari jum’at (2/8/2019), Desa Sidomulyo bekerja sama dengan Puskesmas Bambanglipuro melaksanakan  Deklarasi 5 pilar STBM di Balai Desa Sidomulyo. Deklarasi ini merupakan deklarasi kedua yang dilakukan setelah sebelumnya dilaksanakan di Desa Sumbermulyo.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan dan paradigma baru pembangunan sanitasi di Indonesia yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan perubahan perilaku dan sudah ditetapkan sebagai kebijakan nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 852/MENKES/ SK/IX/2008 maka,

Acara ini dihadiri langsung oleh Camat Kecamatan Bambanglipuro bapak Drs. Lucas Sumanasa, M.kes beserta staff dan tidak ketinggalan pula Lintas sector di wilayah Bambanglipuro meliputi Kapolsek Bambanglipuro, Danramil Bambanglipuro, Kepala Desa Sidomulyo, Kepala Dusun di wilayah Desa Sidomulyo, Serta Kader Kesehatan di wilayah Desa Sidomulyo.

Kepala desa Sidomulyo, bapak Edi Murjita, S.Pd dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemerintah Desa Sidomulyo siap mendukung penuh dalam terwujudnya 5 pilar STBM di masyarakat Desa Sidomulyo.

Deklarasi ini merupakan rangkaian kegiatan STBM yang dilaksanakan oleh Puskesmas Bambanglipuro. Kegiatan STBM ini diawali pada tahun 2018 dengan dilakukan pemicuan tentang apa dan bagaimana mengatasi permasalahan lingkungan yang ada di sekitar. Deklarasi 5 pilar STBM bagi desa Sidomulyo dipimpin oleh Bapak Anis Nur Anom, SH selaku Kepala Seksi Pelayanan Desa Sidomulyo dan diikuti oleh seluruh kepala dusun di Sidomulyo. Dilanjutkan penandatanganan komitmen sebagai desa yang telah mendeklarasikan 5 pilar STBM dengan saksi Kepala Desa Sidomulyo dan Kepala Puskesmas Bambanglipuro. Acara diakhiri dengan doa bersama.

Harapan setelah terlaksananya Deklarasi 5 Pilar STBM ini, masyarakat di wilayah Puskesmas Bambanglipuro khususnya Desa Sidomulyo mulai terbiasa menerapkan dan meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat dengan STBM sehingga dapat meminimalkan penyebaran penyakit yang berbasis lingkungan di masyarakat.

Salam sehat dari Puskesmas Bambanglipuro,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *