Desa Siaga Sehat Ibu dan Anak menjadi unggulan Desa Sumbermulyo maju lomba desa siaga th 2019

Published by bambanglipuro on

penyambutan tim juri di dusun Kintelan, desa sumbermulyo

Kamis, 27 Agustus 2019 Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro didatangi oleh tim verifikasi lapangan lomba desa siaga Kabupaten Bantul tahun 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahap kedua dimana pada tahap yang pertama telah dilaksanakan seleksi administrasi melalui penilaian laporan kegiatan desa siaga yang menempatkan Desa Sumbermulyo sebagai peringkat 1 berdasarkan penilaian administrasi. Kunjungan verifikasi lapangan ini dilaksanakan di 6 lokasi terpilih yang menduduki peringkat 1-6 dalam seleksi administrasi.

Puskesmas Bambanglipuro terlibat secara langsung dalam persiapan kegiatan penilaian ini. dr T. Glory, kepala Puskesmas Bambanglipuro bersama tim ikut terjun langusng untuk mendampingi desa dan dusun sample untuk persiapan penilaian. Seluruh kegiatan yang disajikan merupakan kegiatan yang sudah ada di desa dan dusun. Proses pembinaan bersifat melengkapi beberapa kekurangan yang ada dan meningkatkan keterampilan kader untuk persiapan menghadapi kunjungan dari tim juri. Beberapa kegiatan pembinaan dan pendampingan yang dilakukan puskesmas antara lain pelaksanaan 5 meja, pembinaan penggunaan alat antropometri, pendampingan pencatatan dan pelaporan, pendampingan poskokesdes desa, dan pelaksanaan meja pelayanan kesehatan di posyandu.

Kader kesehatan desa sumbermulyo sebagai salah satu elemen penting pada Desa siaga berkontribusi besar pada kegiatan ini. Kerjasama dan kekompakan kader sangat terasa mulai dari persiapan sampai berlangsungnya acara. (ALY)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *