Mengusung Inovasi Posyandu Siaga Sehat Ibu dan Anak, Posyandu Teratai Maju Tk DIY

Published by bambanglipuro on

Kepala Puskesmas Bambanglipuro bersama Kader Posyandu Teratai dan Kader Desa Sumbermulyo
Tim Juri bersama Tim Pokjanal Posyandu Kecamatan dan Kabupaten Bantul

Selasa, 15 Oktober 2019 Puskesmas Bambanglipuro mendampingi Posyandu Teratai Dusun Kintelan Desa sumbermulyo untuk maju dalam lomba posyandu tingkat DIY tahun 2019. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari lomba desa siaga Kabupaten Bantul tahun 2019 dimana Desa sumbermulyo terpilih menjadi juara I dalam lomba tersebut menyisihkan 5 desa lainnya yang masuk dalam babak penilaian lapangan. Dusun Kintelan dalam lomba tersebut menjadi dusun sample yang mewakili desa sumbermulyo, dan akhirnya perjalanan posyandu teratai dusun kintelan sampai pada tingkat DIY.

Tim juri lomba posyandu tingkat DIY datang sekitar jam 8.30 WIB di dusun kintelan. Para tim juri disambut dengan parade drumband dan seluruh warga dusun yang mengiringi perjalanan tim juri dari lokasi parkir hingga lokasi acara. Berbagai macam UKBM yang ada ada di dusun kintelan dipersiapkan untuk menghadapi lomba ini. UKBM yang dipersiapkan antara lain posyandu balita, posyandu lansia, Posbindu, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Lansia (BKL), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan TOGA. Seluruh kader yang akan melaksanakan tugasnya telah mendapatkan pembekalan oleh Puskesmas dan tim Pokjanal Posyandu kecamatan.

Pada kegiatan ini Posyandu Teratai Dusun Kintelan dengan pendampingan dari Puskesmas Bambanglipuro telah melakukan persiapan dalam penyelenggaraan posyandu. Dengan mengusung inovasi “DESA SIAGA SEHAT IBU DAN ANAK”, posyandu teratai telah melakukan berbagai macam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil dan balita. Melalui inovasi ini dusun kintelan telah melaksanakan 2 kegiatan, yaitu :

  1. Pembentukan tim pemantau ibu hamil beresiko. Melalui wadah ini setiap ibu hamil dipantau secara rutin oleh kader yang ditunjuk. Kader pemantau ini berfungsi sebagai pendamping dan membantu mengingatkan ibu hamil tentang resiko kehamilan yang dimiliki. Selain itu juga membantu mengingatkan ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan rutin dan minum vitamin yang diberikan oleh petugas.
  2. Pemberian sertifikat lulus imunisasi dasar lengkap dan lulus asi Eksklusif. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi ibu balita agar seluruh balita di dusun kintelan mendapatkan imunisasi lengkap dan ASI eksklusif.

Tim juri memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan posyandu di dusun Kintelan khususnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan posyandu. Walaupun seluruh indicator penilaian telah dipenuhi, masih terdapat beberapa catatan misalnya untuk dokumen bukti kegiatan pokjanal posyandu tingkat kecamatan masih belum lengkap. Dalam sambutan pelepasan tim juri, Camat Bambanglipuro Drs. Lukas Sumanasa, M.Kes mengucapkan terima kasih atas penilaian yang telah dilaksanakan dan menyampaikan bahwa catatan juri selama penilaian akan segera diperbaiki agar Posyandu Teratai benar-benar menjadi posyandu ideal di DIY.

Bambanglipuro Cinta Sehat, Bambanglipuro Hebat (Anang)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *