Tingkatkan Kualitas Posyandu Balita, Puskesmas Bambanglipuro Melakukan Pendampingan 5 Meja

Published by bambanglipuro on

Pelaksanaan Posyandu Balita

Kamis, 17 Oktober 2019, Puskesmas Bambanglipuro melakukan pendampingan Posyandu Balita Pergiwati di dusun Warungpring Desa Mulyodadi. Pendampingan ini bertujuan untuk ;

  1. Memastikan agar pelaksanaan 5 meja di posyandu balita berjalan sesuai prosedur.
  2. Mendampingi kader posyandu dalam pengukuran antropometri, serta
  3. Memastikan pencatatan hasil penimbangan di buku KIA tertulis dengan baik dan benar.

Saat melakukan pendampingan petugas dari Puskesmas Bambanglipuro yang terdiri dari 1 bidan desa dan 1 petugas promosi kesehatan mengecek ketepatan dan kelengkapan perlengkapan posyandu yang akan digunakan seperti timbangan dacin, timbangan injak, timbangan bayi, microtoa, pita lila atau alat-alat tambahan lainnya. Dalam melakukan pengukuran antropometri, petugas dari Puskesmas Bambanglipuro turut mendampingi untuk mengetahui ketepatan kader dalam melakukan pengukuran. Selain itu petugas dari Puskesmas Bambanglipuro juga melakukan pendampingan terkait pelaksanaan alur 5 meja.

Selama pendampingan di Posyandu Pergiwati Warungpring, petugas melihat bahwa pelaksanaan alur 5 meja sudah berjalan dengan baik, hanya saja disana memiliki kendala pada timbangan bayi yang rusak dan sama sekali tidak bisa digunakan. Selain itu posyandu pergiwati juga belum memiliki pita lila, sehingga setiap pelaksanaan posyandu pengukuran lila menggunakan pita metline. Kendala ataupun masalah baik dari segi alat ataupun pelaksanaan yang ditemukan pada saat pendampingan akan dicatat dilembar pendampingan yang sudah disiapkan oleh petugas. Selain itu petugas pendamping juga melakukan penyuluhan di Posyandu pergiwati dengan tema stunting.

Setiap bulan secara bergantian Bidan Desa dan Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Bambanglipuro menjadwalkan kegiatan pendampingan posyandu balita di dusun-dusun wilayah kerja Puskesmas Bambanglipuro bergantian mulai dari Desa Sumbermulyo, Desa Mulyodadi hingga Desa Sidomulyo.

Bambanglipuro cinta sehat, Bambanglipuro hebat (Arum)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *