Kampanye Germas Dengan Makan Buah Pisang Bersama

Published by bambanglipuro on

Sabtu, 16 November 2019 Puskesmas Bambanglipuro menyelenggakan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 tahun 2019. Peringatan HKN Ke-55 ini dilaksanakan melalui kegiatan Kampanye Gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat (Germas) dengan tema “Generasi sehat, Indonesia Unggul”.

Acara dilaksanakan di lapangan sidomulyo yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Acara ini melibatkan seluruh stake holder yang ada di wilayah Kecamatan Bambanglipuro meliputi lintas sektor, desa, dusun, kader kesehatan, TP PKK, dunia usaha dan institusi pendidikan. Peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini sebanyak 250 orang dan acara dapat berjalan lancar hingga selesainya acara.

Rangkaian kegiatan kampanye ini dimulai dengan senam bersama dan pembagian doorprize, makan buah pisang bersama, penyerahan sertifikat imunisasi dasar lengkap dan lanjutan, penyerahan sertifikat STBM untuk desa, permainan edukasi kesehatan (lomba tebak buah sayur, pesan kesehatan berantai), pelayanan kesehatan (ukur tekanan darah, cek gula darah dan IMT).

Penyerahan sertifikat Imunisasi yang dilakukan pada kegiatan ini merupakan acara simbolis dimulainya program layanan puskesmas untuk memberikan sertifikat bagi balita yang telah mendapatkan imunisasi dasar lengkap dan lanjutan yang diberikan di Puskesmas Bambanglipuro. Sertifikat imunisasi diberikan kepada :

  1. Adinda Mutiara Salsabila (dari Dsn Plebengan Sidomulyo)
  2. Ghaisan Arvindra Reskyano (dari Carikan Mulyodadi)
  3. Paskalis Bimasena (dari Kaligondang Sumbermulyo)

dr Tarsisius glory, Kepala Puskesmas Bambanglipuro dalam penjelasannya menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan imunisasi dan meningkatkan motivasi orang tua untuk memberikan imunisasi dasar lengkap untuk balitanya. Beliau mengharapkan program ini dapat disambut oleh dinas terkait agar program ini mampu bersinergi dengan program lainnya dan bermanfaat dikemudian hari.

Sebagai rangkaian kampanye germas, berikut ini beberapa pesan kunci yang disampaikan melalui kegiatan ini :

  1. Konsumsi sayur dan buah setiap hari. Sayur dan buah menjadi sumber serat, vitamin dan mineral, Sayur 2 Porsi/hari, Buah 2-3 kali/hari.
  2. Aktifitas fisik setiap hari. Durasi kegiatan minimal 30 menit/hari dengan jenis aktivitas seperti : Jalan kaki, lari, senam. Agar kegiatan ini mendapatkan hasil maksimal maka kegiatan ini harus dilakukan konsisten tiap hari.
  3. Periksa kesehatan berkala terdiri dari Ukur tekanan darah, Ukur lingkar pinggang, Ukur tinggi dan berat badan, Cek gula dan kolesterol.

Untuk mencapai harapan Indonesia unggul, maka diperlukan warga masyarakat yang sehat sejak usia dini. Sehingga pesan germas ini harus ditanamkan kepada anak-anak Indonesia.

Generasi Sehat, Indonesia Unggul…!!! (Anang LY)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *