CEGAH PENYEBARAN COVID-19, PUSKESMAS BAMBANGLIPURO LAKUKAN BEBERAPA HIMBAUAN

Published by bambanglipuro on

Penyuluhan Di Dalam Gedung
Penyuluhan Di Dalam Gedung

Akhir tahun 2019, dunia sedang dihadapkan dengan bencana berupa penyebaran virus corona atau sering disebut dengan Covid 19. Virus Corona menyebar sangat cepat. Di Indonesia sendiri sudah banyak warga yang dinyatakan terinfeksi virus ini. Pada tanggal 1 Maret 2020 seorang warga Indonesia untuk yang pertama kalinya dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Dalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Puskesmas Bambanglipuro melakukan penyuluhan rutin di titik-titik ruang tunggu pasien setiap jam 08.00, 09.00, 10.00, 11.00, 12.00. Penyuluhan ini berisi tentang gejala yang ditimbulkan oleh virus corona serta himbauan agar masyarakat waspada terhadap penyebaran virus corona dan melakukan pencegahan. Himbauan yang disampaikan oleh petugas Puskesmas Bambanglipuro agar masyarakat melakukan beberapa hal, yaitu :

  1. Mengurangi beraktifitas di keramaian seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan termasuk kegiatan pertemuan/rapat, cangkrukan. Kegiatan diluar rumah dilakukan bila kondisi mendesak dan darurat, upayakan bila bertemu orang jaga jarak minimal 1 meter.
  2. Masyarakat dengan kriteria dibawah ini diharapkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan menggunakan masker, yaitu :
    • Warga yang memiliki keluhan demam, batuk, pilek, radang tenggorokan
    • Pendatang yang berasal dari daerah terjangkit covid 19
    • Warga yang pernah bertemu atau berkunjung kepada pasien yang telah dinyatakan positif covid19.

Masyarakat dengan kriteria pada poin ini, tidak perlu memeriksakan diri di Puskesmas. Apabila keluhan bertambah berat dan muncul sesak nafas silahkan hubungi kontak puskesmas untuk diberikan tindak lanjut atau segera dibawa ke rumah sakit rujukan (RSPS Bantul, RSUD Wates, RS Wirosaban, RS Sarjito)

  1. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan : Makan gizi seimbang, Beraktifitas fisik minimal 30 menit/hari, Cukup istirahat, dan Hindari stress.
  2. Tingkat perilaku hidup bersih dan sehat dengan lebih ketat dan teratur, dengan :
    • Mencuci tangan 6 langkah dengan air mengalir dan sabun sesering mungkin
    • Sementara ini hindari bersalaman (berjabat tangan)
    • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan

Petugas juga langsung mempraktekan beberapa cara pencegahan corona, salah satunya dengan praktek mencuci tangan 6 langkah menggunakan sabun, etika batuk yang benar, cara menggunakan masker yang benar serta cara bersalaman dengan gerakan namaste untuk menghindari penyebaran virus, kuman serta bakteri. Pasien terlihat antusias dan beberapa ada yang mengikuti gerakan yang dipraktekkan oleh petugas.

Kami sangat berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Bambanglipuro. Bersama sama mari kita jaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan.

Kami menyediakan Call Center Covid 19 Puskesmas Bambanglipuro bagi masyarakat yang masih memiliki pertanyaan tentang Covid 19 :

Ds Sumbermulyo                   : 087738399967 (Puji Hartono)

Ds Mulyodadi                           : 085649765709 (Anang)

Ds Sidomulyo                           : 088216458896 (Glory)

Salam sehat dari Puskesmas Bambanglipuro.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *