New Normal, Apa saja yang harus kita lakukan ?

Published by bambanglipuro on

Saat ini Pemerintah telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal. Tidak hanya di Indonesia, new normal juga diterapkan di Negara lain yang saat ini sedang dilanda pamdemi covid-19.

Apakah New Normal itu? Dan apa saja yang harus kita lakukan untuk melaksanakan new normal ini?

New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, tapi ditambah dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Hal ini disebabkan karena potensi penularan virus corona masih terus terjadi dan belum ditemukannya vaksin untuk memberikan kekebalan terhadap virus corona. Sehingga agar aktifitas dimasyarakat tetap dapat berjalan dan potensi penularan dapat dikurangi, maka penerapan new normal ini diharapkan menjadi solusi.

Perubahan perilaku yang harus mulai kita lakukan untuk mencegah potensi penularan virus corona, yaitu :

  1. Gunakan masker saat keluar rumah,
  2. Jaga jarak bila bertemu orang minimal 1 meter
  3. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun sesering mungkin.
  4. Hindari bepergian bila tidak penting dan darurat.
  5. Hindari berada di tempat keramaian
  6. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan
  7. Langsung mandi dan keramas setelah dari berpergian, dan pakaian langsung direndam dengan deterjen.

Selain itu, kita juga harus membiasakan diri untuk membawa semua keperluan pribadi setiap keluar rumah seperti alat makan pribadi, alat minum pribadi, alat ibadah hingga helm pribadi jika keseharian mobilisasi menggunakan ojek.

Wabah virus corona sampai saat ini belum berakhir. Jumlah pasien covid masih terus bertambah dengan angka kematian yang cukup tinggi. Musuh kita saat ini adalah virus, dia tidak terlihat dan tidak terdeteksi keberadaannya. Kita tidak pernah tahu dimana dan siapa saja yang telah membawa virus ini. Apalagi saat ini banyak pasien covid 19 yang tidak timbul gejala sakit, Sehingga kita lebih sulit untuk menghindar dari virus ini.

Hingga saat ini tidak ada satupun orang yang kebal dengan virus corona, terbukti pasien covid 19 merata pada semua usia. Sehingga  kita semua harus tetap hati-hati dan waspada dengan mengubah perilaku dan meningkatkan imunitas tubuh.

#kemenkesRI #promosikesehatan #promkesRI #lawancovid19 #himbauan #newnormal


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *