CIPTAKAN PASAR BEBAS COVID-19, PUSKESMAS MELAKUKAN RAPID TES MASSAL PEDAGANG PASAR

Published by bambanglipuro on

Rapid Tes Massal Pasar bambanglipuro 2020
Rapid tes massal pasar Bambanglipuro 2020

Bulan ini, Puskesmas Bambanglipuro melakukan rapid tes massal untuk seluruh pedagang pasar di wilayah Kecamatan Bambanglipuro. Kegiatan ini merupakan perintah dari Tim Gugus Tugas Kabupaten Bantul sebagai upaya untuk penemuan kasus covid 19 dan memutus rantai penularan kasus covid 19, salah satunya pada sasaran seluruh pedagang pasar tradisional di Kabupaten Bantul

Pasar yang ada di wilayah Bambanglipuro ada 3 buah, yaitu pasar turi (Desa Sidomulyo), pasar gatak (Desa Sumbermulyo) dan pasar grogol (Desa Mulyodadi). Dari 3 pasar ini, pada bulan ini telah dilakukan rapid tes massal secara serentak bagi seluruh pedagang pasar. Kegiatan rapid tes dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan sasaran yang sama. Pada tahap pertama kegiatan dilaksanakan pada Kamis / 9 Juli 2020 dengan sasaran pasar grogol dan pasar gatak, dan jumat / 10 Juli 2020 dengan sasaran pasar turi. Pada tahap kedua kegiatan dilaksanakan pada Rabu / 15 Juli 2020 dengan sasaran pasar turi dan Kamis/16 Juli 2020 dengan sasaran pasar grogol dan pasar gatak.

Secara umum kegiatan rapid tes di 3 (tiga) pasar tradisional ini dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan ini terlaksana atas koordinasi dan bantuan tim gugus tugas Kecamatan Bambanglipuro yang telah aktif membantu kegiatan ini dari proses persiapan, sosialisasi, penyediaan sarana/prasarana dan pengamanan selama kegiatan berlangsung. Melalui kegiatan ini diharapkan pasar menjadi tempat yang aman dan nyaman, dan tidak menjadi clustes baru penularan kasus covid 19 terutama di Kecamatan Bambanglipuro.

Satu hal yang harus diperhatikan bahwa kegiatan rapid tes massal di pasar ini hanya sebagai alat screening untuk menemukan potensi kasus covid 19. Yang paling utama adalah pelaksanaan protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan covid 19 harus tetap dijalankan oleh seluruh pedagang dan pengunjung pasar. Untuk itu mari kita selalu patuh dan melaksanakan protokol kesehatan, dengan cara :

  1. Selalu memakai masker
  2. Cuci tangan sesering mungkin
  3. Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter
  4. Hindari kerumunan, dan
  5. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan cara konsumsi makanan yang aman dan bergizi, olah raga rutin 30 menit/hari, istirahat cukup 7-8 jam/hari, minum air putih minimal 8 gelas/hari,  konsumsi suplemen bila perlu, Hindari strees dan jangan merokok

Salam sehat dari Puskesmas Bambnglipuro (Editor : Anang LY)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *