Cegah Penularan, Seluruh karyawan Puskesmas Bambanglipuro di SWAB

Published by bambanglipuro on

Karyawan Puskesmas Bambanglipuro mengikuti pemeriksaan swab

Seluruh karyawan Puskesmas Bambanglipuro telah selesai dilakukan pemeriksaan swab bertempat di rumah sakit lapangan khusus covid-19 kabupaten Bantul. Kegiatan ini diawali pada jumat/17 Juli 2020 sampai dengan selasa/21 Juli 2020.

Pemeriksaan swab pada tenaga kesehatan di puskesmas ini didasarkan pada resiko pekerjaan petugas puskesmas yang sering bertemu/kontak dengan orang sakit (pasien). Sehingga untuk memastikan tidak ada petugas puskesmas yang memberikan pelayanan dalam kondisi yang tidak diinginkan maka diperlukan pemeriksaan swab bagi tenaga puskesmas. Apalagi saat ini puskesmas yang menjadi garda terdepan untuk kegiatan tracing kasus positif dan rapid tes di seluruh pasar di wilayah Kabupaten Bantul.

Melalui kegiatan ini diharapkan, petugas puskesmas dapat memberikan pelayanan yang aman dan nyaman. Dan diharapkan agar puskesmas tidak menjadi cluster penyebaran kasus covid 19 yang baru. Sehingga masyarakat yang berkunjung ke puskesmas dapat merasa nyaman periksa di Puskesmas Bambanglipuro.

Untuk meningkatkan kenyamanan pelayanan bagi pasien dan pencegahan penularan kasus covid 19, Saat ini Puskesmas Bambanglipuro telah menerapkan adaptasi kebiasaan baru dalam pelayanan di puskesmas. Beberapa perubahan terhadap pelayanan telah dilakukan, antara lain :

  1. Pemisahan jalur dan ruang pelayanan bagi pasien dengan keluhan demam, batuk, dan pilek
  2. Screening suhu pasien dan cuci tangan sebelum memasuki gedung puskesmas
  3. Kewajiban menggunakan masker bagi seluruh pasien
  4. Penggunaan alat pelindung diri bagi petugas kesehatan
  5. Pemberian sekat pelayanan antara pasien dan petugas
  6. Pengaturan jarak tempat duduk dan batas antrian
  7. Pemisahan jalur keluar masuk puskesmas

Namun yang perlu diingat bahwa pandemi covid 19 belum berakhir. Untuk itu, hindari keluar rumah termasuk pergi ke puskesmas/rumah sakit kecuali dalam kondisi mendesak dan darurat. Karena kita tidak pernah tahu siapa saja yang membawa virus corona saat bertemu dengan kita.

Salam sehat dari Puskesmas bambanglipuro (Editor : Anang LY)

Categories: Aksi Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *