Peringati HKN Ke-56, Puskesmas Bambanglipuro Bagi-Bagikan Masker Untuk Warga

Published by bambanglipuro on

Setelah Bapak Presiden Jokowi mengumumkan kasus pertama Covid-19 pada 2 Maret 2020, belum ada tanda kasus terinfeksi/terkonfirmasi positif Covid-19 semakin berkurang. Justru kini pertambahan kasus diatas 4.000 setiap harinya dan pola sebaran virus Covid-19 bergeser dari Imported Spreads menjadi Community Spreads (penyebaran dalam komunitas) dan membentuk banyak cluster seperti cluster perkantoran, cluster perumahan, cluster desa dll, belum ada tanda-tanda menuju selesai.

Di Bambanglipuro sampai dengan bulan November total pasien positif sudah mencapai 49 dengan 46 pasien positif yang telah dinyatakan sembuh. Berdasarkan data Zonasi Risiko covid-19 kabupaten Bantul,  kecamatan Bambanglipuro memasuki zona resiko sedang. Data ini berlaku mulai dari tanggal 10 November sampai dengan 23 November 2020.

Mengingat masih banyaknya peningkatan kasus khususnya di Kecamatan Bambanglipuro, Puskesmas Bambanglipuro bersama dengan lintas sektor dan kader kesehatan melakukan kampanye pembagian masker massal untuk warga dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56.  Petugas dari Puskesmas Bambanglipuro, lintas sektor dan kader mendatangi rumah-rumah warga untuk membagikan masker. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker dalam pencegahan covid-19 serta mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menggunakan masker.

Selain pembagian masker, dilakukan juga sosialisasi pencegahan covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan seperti 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak). Kami berharap setelah dilakukannya kegiatan ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penularan virus.

Covid-19 masih ada disekitar kita dan menyerang siapapun tanpa terkecuali. Vaksin terbaik untuk saat ini adalah disiplin dalam penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus covid-19. Bersama kita bisa lawan virus corona !


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *