BATURETNO – Kegiatan sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) tingkat dilaksanakan di Dusun Mantup RT 14 kelurahan Baturetno (08/07/2018), yang dibuka oleh ketua PKK Dusun Mantup. Dalam kesempatan ini, hadir programmer promosi kesehatan Puskesmas Banguntapan I yaitu Sri Sayekti, S.Kep dan Dika Ardiana, S.Tr. Keb serta bidan desa Baturetno yaitu Sri Winarti, Amd.Keb.

Antusiasme warga Dusun Mantup dalam sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Programmer promosi kesehatan, Sri Sayekti, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan umum sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yaitu terlaksananya pendataan PIS-PK di kelurahan Baturetno khususnya di Dusun Mantup. Tujuan khususnya adalah membangun komitmen bersama dari semua lintas sektor dan dukungan penuh dalam pelaksanaan PIS-PK di Kelurahan Baturetno.

Dika Ardiana, promkes Puskesmas Bantuntapan I memaparkan materi terkait Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Selanjutnya, diberikan pemaparan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga  (PIS-PK). PIS-PK merupakan satu program dari agenda Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Sasaran dari PIS-PK adalah meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

“Nantinya akan dilakukan pendataan keluarga sehat di Dusun Mantup, Kelurahan Baturetno”, ujar Dika kepada masyarakat dusun Mantup.

Dika menjelaskan, pendataan keluarga sehat untuk tahap awal akan di lakukan di Dusun Mantup. Nantinya, setiap keluarga di lingkungan tersebut akan di data secara menyeluruh. Pendataan keluarga sehat mencakup 12 indikator yang ada, mulai dari program Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, pengendalian penyakit menular dan tidak menular, perilaku dan kesehatan lingkungan.

Puskesmas Banguntapan I berharap, dengan pendataan keluarga sehat akan menjadi acuan dan mengetahui kesehatan masyarakat kelurahan Baturetno, khususnya Dusun Mantup. Dengan begitu, tindak lanjut terhadap masalah kesehatan akan tepat dan sesuai dengan permasalahan yang ada.

Kami Puskesmas Banguntapan I akan terus berupaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui kegiatan promotif dan preventif, tutup Sri Sayekti.

Kategori: KegiatanPromkes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *