Banguntapan – Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi penyebab utama kematian secara global. PTM juga membunuh penduduk dengan usia yang lebih muda. Di negara-negara dengan tingkat ekonomi rendah dan menengah, dari seluruh kematian yang terjadi pada orang-orang berusia kurang dari 60 tahun, 29% disebabkan oleh PTM. Proporsi penyebab kematian PTM terbesar adalah adalah penyakit cardiovaskuler.

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) menjadi salah satu cara puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan sekaligus meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerja dengan mendatangi keluarga. Puskesmas Banguntapan I akan menjalankan PIS-PK di 3 desa di wilayah Puskesmas Banguntapan I. Desa yang sudah rampung dilaksanakan PIS-PK adalah desa Jambidan dan sekarang dilanjutkan di desa Baturetno dan Potorono. Analisis data hasil PIS-PK desa Jambidan menunjukkan  bahwa penderita hipertensi yang mendapatkan pengobatan sesuai standar hanya sebesar 15,72%. Hal tersebut menggugah Puskesmas Banguntapan I untuk mengadakan Kampanye Anti Hipertensi sebagai tindak lanjut hasil pendataan PIS -PK desa Jambidan dan membudayakan masyarakat untuk hidup sehat.

“Pengendalian penyakit sangat penting dilakukan, hal ini tentu harus dimulai dari hal yang sederhana dalam kehidupan. Dengan pola hidup sehat, kita dapat mengendalikan penyakit tidak menular, minimal mencegahnya”, tutur dr. Fauzan (Dinkes Kesehatan Kab. Bantul).

Kegiatan kampanye anti hipertensi ini merupakan wujud implementasi dari GERMAS. Kegiatan yang dilakukan adalah aktifitas fisik dengan senam bersama, makan buah bersama dan pemeriksaan kesehatan.

Semangat muspika, lintas sektor dan kader kesehatan dalam senam bersama di acara kampanye anti hipertensi.

Makan buah bersama dengan lintas sektor diikuti seluruh peserta acara kampanye anti hipertensi.

Bapak Sarjoko (Lurah Desa Baturetno) melakukan pemeriksaan tekanan darah dan cek kadar gula darah di stand pemeriksaan kesehatan Puskesmas Banguntapan I

Kegiatan ini diharapkan dapat menstimulasi masyarakat dalam menerapkan perilaku Hidup Bersih dan Sehat, sehingga dapat mendukung visi Puskesmas Banguntapan I dalam mewujudkan masyarakat Banguntapan yang sehat dan mandiri.

 

Kategori: Kegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *