Banguntapan – Puskesmas Banguntapan I melaksanakan senam bersama lintas sektoral pada hari Jumat (6/09/2019). Kegiatan ini sebagai wujud implementasi program Germas dan diikuti lintas sectoral di kecamatan Banguntapan. Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya senam, melainkan ada kegiatan pemeriksaan kesehatan.

Saat ini fokus pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari upaya yang bersifat kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan promotif dan preventif. Hal ini memerlukan serangkaian program strategis serta implementasi dari berbagai program salah satunya adalah Gerakan Masyarakat hidup Sehat (GERMAS). Permasalahan kesehatan yang timbul diakibatkan oleh pola hidup masyarakat yang tidak sehat, diperlukan upaya promotive dan preventif yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga demi terwujudnya masyarakat yang sehat dan berkualitas.

Germas adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan tidak menular. Perbaikan lingkungan dan perubahan prilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. Untuk itu, Germas menjadi pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. 3 kegiatan utama Germas yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik, 2) Mengkonsumsi sayur dan buah dan 3) Memeriksa kesehatan secara rutin. Ketiga fokus ini dilakukan untuk  mewujudkan paradigma sehat dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat. Peran seluruh lintas sektor diperlukan untuk mewujudkan keberhasilan implementasi Germas.

Pelaksanaan Germas harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, lintas sektor baik Pemerintah Pusat dan Daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat untuk bersama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat dengan tujuan Kesehatan masyarakat terjaga, jika sehat maka produktivitas akan meningkat, terciptanya lingkungan yang bersih serta biaya yang dikeluarkan untuk berobat akan berkurang.

Kegiatan yang dilakukan Puskesmas Banguntapan I diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk melakukan peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat dan deteksi dini penyakit. Selain itu, hendaknya semua lapisan masyakarat berkomitmen pada diri sendiri untuk menjaga kesehatan baik itu kesehatan pribadi maupun lingkungan sekitar.

Kategori: KegiatanPromkes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *