Banguntapan – Kader posyandu balita se-wilayah kerja Puskesmas Banguntapan I antusias menghadiri kegiatan refreshing kader balita.Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 23 s/d 25 September 2019. Pelaksanaan hari pertama untuk kader desa Baturetno sebanyak 42 kader, hari kedua untuk kader desa Jambidan sebanyak 54 kader dan hari ketiga untuk desa Potorono sebanyak 33 kader.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Puskesmas Banguntapan I. Dalam kegiatan ini, hadir pula dr. Eny Iskawati selaku koordinator UKM, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai sarana untuk meng-update pengetahuan kader tentang posyandu dan ilmu kesehatan yang terus berkembang.

“ Keberadaan kader posyandu diharapkan dapat membantu untuk mendeteksi tumbuh kembang anak karena kegiatan posyandu adalah kegiatan bersumberdaya masyarakat, dan puskesmas sebagai fasilitatornya”, jelas dr. Eny dalam sambutannya.

Dipaparkan pula tentang program inovasi puskesmas Banguntapan I, yang salah satunya adalah TILIK IBU (Tensi Ibune Cah Cilik- Cilik). TILIK IBU adalah inovasi program PTM (Puskesmas Banguntapan I) yang bertujuan untuk mendeteksi secara dini atau skrining faktor risiko PTM pada masyarakat usia produktif (orang tua/ keluarga/ pengasuh cah cilik/ balita) yang dilaksanakan pada saat posyandu.

Kegiatan ini dibawakan materi oleh Irwanti, S.Gz selaku nutrisionis Puskesmas Banguntapan I dan Yuliana, SKM selaku koordinator Promkes. Materi-materi yang disampaikan dalam refreshing kader balita ini adalah pertumbuhan dan perkembangan balita, hasil pendataan PHBS tahun 2019 dan sosialisasi pelaksanaan SMD (Survey Mawas Diri). Materi yang ditekankan dalam pertemuan ini terkait pengukuran tinggi badan balita dan pengisian KMS balita. Pentingnya materi ini terkait isu nasional yang sedang berkembang yaitu stunting. Dengan bekal materi yang diberikan, harapannya kader dapat mendeteksi awal kasus stunting di masyarakat.

Puskesmas Banguntapan I berharap kedepannya, pelaksanaan kegiatan refreshing ini akan mampu mengoptimakan fungsi dan pelaksanaan posyandu sebagai bagian dari upaya mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat.

Kategori: KegiatanPromkes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *