Banguntapan – Tiga desa di wilayah Puskesmas Banguntapan I, Desa Baturetno, Desa Jambidan dan Desa Potorono deklarasikan pelaksanaan 5 Pilar STBM di Bimo Resto Dusun Mantup Desa Baturetno, Jumat (18/10/2019). Kegiatan bertujuan untuk menyampaikan tentang komitmen warga desa Baturetno, desa Jambidan dan desa Potorono dalam melaksanakan 5 Pilar STBM.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan dan paradigma baru pembangunan sanitasi di Indonesia yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan perubahan perilaku. Pendekatan ini ditetapkan sebagai kebijakan nasional berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Puskesmas Banguntapan I telah sukses menyelenggarakan Deklarasi 5 Pilar STBM untuk Desa Baturetno, Desa Jambidan dan Desa Potorono. Kegiatan deklarasi ini dilaksanakan setelah tahapan penyelenggaraan STBM dilalui. Tahapan tersebut antara lain pengumpulan data dan informasi, pengolahan dan analisis data dan informasi, pemicuan desa STBM, pemantauan dan evaluasi hasil STBM. Acara ini dihadiri Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Lingkungan Dinas Kesehatan DIY ibu Yulia Irene Henny Wahyunarni, SKM, MPH, sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul ibu Dra. Ninik Istitarini, Apt dan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr. Fauzan. Hadir pula lintas sektor di wilayah Banguntapan meliputi Camat Banguntapan, Kapolsek Banguntapan, Danramil Banguntapan, KUA Bangutapan, PLKB Banguntapan, PNPM Banguntapan, Korwil Banguntapan, BBTKLPP Yogyakarta, Lurah 3 desa, PPK Banguntapan dan perwakilan masyarakat di wilayah Puskesmas Banguntapan I.

Kegiatan deklarasi ini diawali dengan jalan sehat sebagai wujud implementasi program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Dilanjutkan sambutan-sambutan, yang pada intinya semua mengharapkan bahwa deklarasi tidak hanya sebatas deklarasi, melainkan 5 Pilar STBM diimplementasikan oleh warga dengan baik. Acara puncak dari deklarasi adalah pembacaan deklarasi 5 Pilar STBM untuk tiga desa di wilayah Puskesmas Banguntapan I yang dipimpin oleh Camat Kecamatan Banguntapan Drs. Fauzan Mu’arifin dan ditirukan oleh seluruh peserta deklarasi. Dilanjutkan penandatangan komitmen sebagai desa yang telah mendeklarasikan 5 pilar STBM dan penyerahan sertifikat deklarasi kepada masing-masing desa. Kegiatan ditutup dengan penggalangan komitmen dengan aksi cap tangan sebagai wujud komitmen bersama untuk mewujudkan lingkungan sehat.

Harapannya setelah terlaksananya deklarasi 5 Pilar STBM ini, masyarakat di wilayah Puskesmas Banguntapan I khususnya Desa Baturetno, Desa Jambidan dan Desa Potorono dapat menerapkan dan meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat dengan ber-STBM sehingga dapat meminimalkan penyebaran penyakit yang berbasis lingkungan di masyarakat.

Kategori: Kegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *