Foto: Posyandu Gandaria 1 Batureto
Foto: Posyandu Kamboja Potorono

Status gizi anak adalah salah satu indikator penilaian tercukupinya kebutuhan gizi harian dan penggunaan zat gizi oleh tubuh. Jika nutrisi anak baik dan penggunaan gizi oleh tubuh baik maka status gizi anak juga baik. Sebaliknya, jika asupan nutrisi kurang dan penggunaan gizi oleh tubuh kurang, maka status gizi anak juga kurang.

Tahukah Bunda, apa saja jenis permasalahan status gizi anak?

Ya benar, ada status gizi yang kurang, pendek (stunting), kurus (wasting), dan obesitas (kegemukan). Permasalahan status gizi tersebut bisa diketahui lebih dini jika rutin memantau pertumbuhan anak seperti menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan secara rutin. Mengetahui permasalahan gizi sedini mungkin akan lebih mudah untuk dilakukan pencegahan.

Kerutinan ibu untuk menimbang anak akan sangat bermanfaat sebagai monitoring berat badan untuk mengetahui status gizi anak. Dengan menimbang berat badan setiap bulan agar dapat secara dini mendeteksi terhadap status kesehatan anak, sehingga dapat segera ditentukan intervensi lebih lanjut. Apabila ibu tidak secara rutin mengunjungi Posyandu mengakibatkan status gizi anak tidak terpantau dengan baik (Astuti & Rivqoh, 2010).

Hasil penelitian juga membuktikan bahwa ibu yang rutin menimbang anak menunjukkan status gizi anak yang baik (Diagama, dkk 2019). Berdasarkan penelitian tersebut kita ketahui bahwa partisipasi ibu harus ditingkatkan dalam upaya untuk mengurangi masalah gizi buruk pada anak dengan mengunjungi dan menimbang balitanya ke Posyandu setiap bulan.

Jadi sudahkah Bunda menimbang balita bulan ini? Jangan lupa untuk menimbang rutin yahhh..

Sumber:

Diagama, W. dkk. (2019). Hubungan Jumlah Kunjungan Posyandu dengan Status Gizi Balita (1-5 Tahun). Riau: Universitas Riau. Jurnal Ners Indonesia 9(2):97 DOI: 10.31258/jni.9.2.97-108

Astuti, I., & Rivqoh. (2010). Hubungan pengetahuan ibu tentang posyandu dengan keteraturan ibu mengunjungi posyandu didesa Cibeber RW 14 Puskesmas Cibeber Cimahi. Jawa Barat: Stikes A. Yani Cimahi. Jurnal Kesehatan Kartika. Diperoleh pada tanggal 05 Mei 2017 dari http://stikesayani.ac.id/.

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.