Oleh: Irwanti, SST

Pencegahan stunting tidak akan bisa dilakukan dengan mudah jika orangtua tidak memiliki informasi dan pemahaman yang baik tentang kesehatan, salah satunya tentang stunting. Pemahaman baik tentang stunting akan mampu memberikan orangtua kesadaran arti pemenuhan gizi bagi anak. Di era teknologi saat ini, informasi kesehatan ini bisa kita dapatkan dengan mudah melalui internet ataupun buku. Maka dari itu, kegiatan membaca bisa menjadi cara sederhana bagi orangtua untuk memahami stunting.

Sudah menjadi sebuah keharusan bagi para orangtua untuk berbagi informasi tentang stuntingpada lingkungan sekitarnya. Pasalnya, efek jangka panjang dari stunting mampu mengganggu kualitas kecerdasan anak yang berdampak terhadap rendahnya sumber daya manusia Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan informasi kesehatan kepada orang tua tentang stunting, pemerintah desa Baturetno pada awal tahun 2020 ini  melalui PKK menggandeng Puskesmas Banguntapan I melalui petugas gizinya mengadakan kegiatan bersama cegah stunting. Kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan kepada semua dusun yang ada di wilayah desa Baturetno sebanyak 8 dusun.

Sasaran dalam penyuluhan ini adalah ibu hamil dan ibu yang punya baduta, harapannya dengan kegiatan ini bisa menambah informasi sehingga bisa mencegah kejadian stunting di dusun khususnya wilayah desa Baturetno.

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.