Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Dusun Singosaren 3 pada jumat lalu tanggal 27 Februari 2015 di koordinatori oleh Bidan Desa Singosaren, Tri Sulistyowati. Kegiatan PSN di Dusun Singosaren tersebut dimulai dari koordinasi pembagian wilayah kegiatan PSN, hingga diskusi singkat seputas PSN. Bersama Tim Promosi Kesehatan Puskesmas Banguntapan kegiatan PSN tersebut diliput hingga hasil evaluasi ABJ nya. 

Kegitan PSN di Dusun Singosaren sudah mencapai tahap pemantauan. Artinya, rumah yang kemarin positif ABJ maka akan ditinjau kembali tingkat ABJ nya. Hal ini dilakukan untuk melihat tingkat kesadaran masyarakat, dan melihat perubahan perilaku masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat.

Dari hasil, PSN tersebut dapat disimpulkan bahwa sebanyak 52 % ABJ yang didapatkan, masih ditemukant jentik-jentik nyamuk sebanyak 48 % dari jumlah rumah yang diperiksa. Hal ini masih sangat memprihatinkan. Ternyata masih banyak masyarakat yang belum menyadari kaan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Kategori: Uncategorized

4 Komentar

Rendy K · 11 Februari 2016 pada 01:13

Sekarang sedang tren virus Zika. Semoga dengan pemberantasan nyamuk, masyarakat bisa terhindar dari bahaya virus Zika

    banguntapan2 · 23 Mei 2016 pada 10:34

    terima kasih mas rendy sudah mengingatkan, maaf baru muncul, ke depan nanti kita munculkan artikel tentang virus zika 🙂

Jamkho Semarang · 19 Februari 2016 pada 18:19

Harus ada solusi terbaik dalam hal ini, karena sangat penting.
kalau tidak warga kita yang jadi korban.

    banguntapan2 · 23 Mei 2016 pada 10:40

    Terimakasih atas masukannya Pak Jamkho, pertemuan lintas sektor sudah terjadwal setiap hari Jumat dalam kegiatan PSN. Dalam kegiatan tersebut dilaporkan hasil jumantik yang telah dilakukan. Baik puskesmas, kader, maupun lintas sektor sudah mengetahui peran masing-masing, sehingga rencana tindaklanjut dari hasil jumantik sudah dapat disampiakan, sehingga puskesmas dapat memonitor rencana tindaklanjut tersebut apakah sudah dilakukan atau belum, dan dibahas pada pertemuan selanjutnya… 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *