Lokarya Mini Puskesmas Banguntapan 2 Tahun 2015

Menjalankankan Manajemen Perencanaan belum bisa dikatakan berhasil jika tidak ada tindak lanjutnya, Lokarya Mini Puskesmas sebagai media untuk pemantauan dan perencanaan ulang bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ada di puskesmas, dan sudah sejauh mana perencanaan sudah berjalan. Pada tanggal 19 Februari 2015 seluruh karyawan puskesmas menghadiri Lokakarya Mini yang diadakan puskesmas yang membahas tentang capaian program berdasarkan penilaian kinerja puskesmas, standar pelayanan minimum, dan rencana pembangunan jangka menengah bangunan. Hasil dari Lokakrya Mini Puskesmas Banguntapan 2 dapat disampaikan bahwa :

  1. Penilaian Kinerja Puskesmas. Berdasarkan hasil PKP, dapat diinformasikan bahwa semua program basic six sudah mencapai 100% seperti berikut : Promosi Kesehatan (107,81%), Kesehatan Lingkungan (112,17%), KIA/KB (107,87%), Perbaikan Gizi Masyarakat (101,87%), P2M (188,87), dan Pengobatan (148,42%)
  2. Standar Pelayanan Minimum/Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Berdasarkan hasil SPM/RPJMD, dapat disampaikan bahwa masih banyak program yang belum memenuhi target yaitu : pelayanan K-4 (84,47%), Bumil Komplikasi ditangani (70,11%), neonatal komplikasi ditangani (47,46%), Pelayanan Balita (82,88%), dan Pelayanan KB (63,52%)

Dari permasalahan yang ada, dapat dilaporkan bahwa sudah dilakukan analisa yang menghasilkan alternatif permasalahan antara lain :

  1. KIA : pertemuan kader, PHN,pelacakan kasus kematian neonatus, pelayanan bayi dan balita di posyandu, pertemuan kelas ibu, PHN, P4K, pelacakan kasus kematian bumil resti, kemitraan dengan BPS
  2. Imunisasi : sosialisasi, pelaksanaan, sweeping, dan evaluasi BIAS
  3. KB : pendataan PUS, pelacakan kasus aseptor dengan komplikasi
  4. P2 TB : pertemuan koordinasi TB, pembentukan kelompok dukungan sebaya HIV/AIDS, skreening kasus HIV/AIDS, pembentukan kelompok remaja peduli HIV/AIDS

Tidak hanya itu, program lain juga mempunyai perencanaan program yang tidak dapat disampaikan satu per satu. Penyelesaian masalah yangmerupakan kegiatan tahunan merupakan solusi yang paling dianggap benar untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Acara Lokarya Mini Puskesmas ditutup dengan diskusi dan penyampaian struktur organisasi puskesmas tahun 2015. Acra berlangsung lancar dibawah bimbingan Bapak Kepala Puskesmas Banguntapan 2 beserta Tamu Undangan dari Dinas kesehatan Kabupaten bantul.

(khatemi)

 

4 gagasan untuk “Lokarya Mini Puskesmas Banguntapan 2 Tahun 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *