Gambaran Sistem Manajemen Puskesmas Banguntapan II

IMG-20160416-WA0013

Dalam rangka menjalankan sistem manajemen di puskesmas, Puskesmas Banuntapan II menjalankan siklus PDCA (Plan Do Check Action), dimana dapat dijelasakan bahwa :

Plan (Merencanakan) adalah menetapkan target atau sasaran yang ingin dicapai dalam peningkatan proses ataupun permasalahan yang ingin dicapai. Pada tahapan perencanaan, puskesmas membuat Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) dengan membentuk Tim Perencanaan. Pada akhir tahun, Tim Perencanaan menyiapkan format analisa permasalahan untuk didistribusikan ke masing-masing pemegang program. Adapun isi dari analisa permasalahan tersebut meliputi : identifikasi masalah, menetapkan urutan prioritas masalah (Metode USG), merumuskan masalah mencakup 5W1H :What, Where, When, Who, Why, and How, mencari akar penyebab masalah (Diagram Fishbone), dan penyusunan Rencana Usulan Kegiatan (RUK). Perencanaan juga memperhatikan masukan dari masyarakat melalui Survey Mawas Diri, Survey kebutuhan dan harapan pelanggan, dan masukan lain. Setelah mendapat persetujuan, RUK tersebut berubah menjadi Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) yang harus dilaksanakan puskesmas.

Do (Melaksanakan) adalah tahap penerapan atau melaksanakan semua yang telah direncanakan di Tahap Plan termasuk menjalankan prosesnya, memproduksi serta melakukan pengumpulan data (data collection) yang kemudian akan digunakan untuk tahap Check dan Action. Dalam tahap ini, Puskesmas melaksanakan kegiatan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dalam RPK. Tugas Tim Manajemen disini adalah memantau kegiatan yang harus dilakukan setiap bulan.

IMG-20160425-WA0020IMG-20160511-WA0009

Check (Memeriksa) adalah tahap pemeriksaan dan peninjauan ulang serta mempelajari hasil-hasil dari penerapan di tahap Do. Melakukan perbandingan antara hasil aktual yang telah dicapai dengan Target yang ditetapkan dan juga ketepatan jadwal yang telah ditentukan. Dalam tahap ini, Tim Manajemen memonitoring kegiatan yang telah dilakukan, dan yang belum dilakukan. Pada saat rapat lokakrya mini bulanan, bersama Tim Mutu dan Kepala Puskesmas  melakukan evaluasi terhadap capaian program. Apakah sudah tercapai atau mempunyai hambatan. Sehingga ditemukan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah (rencana tindak lanjut)

Action (menindaklanjuti) adalah tahap untuk mengambil tindakan yang seperlunya terhadap hasil-hasil dari tahap CHECK. Terdapat 2 jenis Tindakan yang harus dilakukan berdasarkan hasil yang dicapainya, antara lain : Tindakan Perbaikan (Corrective Action) yang berupa solusi terhadap masalah yang dihadapi dalam pencapaian Target, Tindakan Perbaikan ini perlu diambil jika hasilnya tidak mencapai apa yang telah ditargetkan. Kemudian Tindakan Standarisasi (Standardization Action) yaitu tindakan untuk men-standarisasi-kan cara ataupun praktek terbaik yang telah dilakukan , Tindakan Standarisasi ini dilakukan jika hasilnya mencapai Target yang telah ditetapkan. Dalam tahap ini, pemegang program melakukan tindaklanjut terhadap permasalahan yang telah disepakati bersama pada lokakryamini

Begitu seterusnya melalui Siklus PDCA sampai mendapatkan hasil yang diinginkan

(Khatemi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *