Sekitar pukul delapanan warga miskin dan rentan miskin mulai berdatangan ke desa Banguntapan untuk menerima kartu Jamkesmas yang akan diberlakukan mulai 1 Januari 2013. Tiga Petugas Pembina Dusun (Gasbinsun) dari Puskesmas masing yang membina dusun Plumbon, Modalan dan Karang Jambe dibantu Kabag Kesra Desa, Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat, PLKB, dan Sekretaris Camat ikut hadir membagi Kartu Jamkesmas.

Jumlah penerima kartu di Dusun Plumbon sebanyak 461 jiwa, Modalan sebanyak 302 Jiwa, dan Karang Jambe sebanyak 280 jiwa. Lembar cetak daftar hadir yang diterima Puskesmas dari Kemenkes sangat menyulitkan pembagian kartu karena daftar nama penerima tidak terkumpul secara berurutan menurut RT dan dusun. Daftar penerima kartu dengan dusun yang sama tersebar ke beberapa halaman yang berbeda.

Sesungguhnya hal ini telah diantisipasi dengan membuat daftar penerima per RT per dusun, sehingga mempermudah pencariannya di daftar nama, Ketika warga menerima kartu, yang bersangkutan harus menanda tangani daftar penerimaan kartu di lembar yang dibuat sendiri oleh Puskesmas dengan mengabaikan daftar penerimaan yang dibuat kemenkes. Namun hal ini tidak jadi dilaksanakan berhubung Gasbinsun menyepakati daftar penerimaan kartu yang dibuat kemenkes harus dimanfaatkan.

Pembagian Kartu Jamkesmas di 3 dusun di atas cukup memakan waktu dan tenaga yang melelahkan, beberapa warga penerima kartu dituntut kesabarannya hingga sekitar pukul 14.an walaupun sebenarnya di jadwalkan hingga pukul 12.30.

 

Kategori: uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *