Ketika memasuki bulan Februari, disadari atau tidak kita sering mencari-cari informasi tentang pembukaan TKHI. Terutama bagi tenaga kesehatan muslim di seluruh Indonesia. Bagi teman-teman yang ingin tahu informasinya, bisa membuka alamat : http://jobelist.com/government/pengumuman-lowongan-kerja-tkhi-pkhi-tahun-2013-1434-h/

Tentunya saat ini kami tidak akan membahas tentang pendaftaran TKHI Tahun 2013. Kali ini kita akan berbicara tentang bahaya ILI saat berhaji dan cara mencegahnya. Anggap saja sebagai persiapan bagi yang akan berangkat ke tanah suci.

Cegah Influenza-Like Illness Saat Berhaji


Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang harus dijalankan bagi siapa saja yang telah memiliki kemampuan, baik materi maupun immateri. Jenis ibadah ini tergolong ibadah yang memiliki rukun dan syarat yang ketat.

Pelaksanaannya pun terbilang berat karena harus ditunjang dengan kodisi kesehatan yang prima baik fisik maupun mental. Karenanya, perlu dilakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan jemaah haji.

Subdit Kesehatan Haji Direktorat Sepimkesma Ditjen PP–PL Kementrian Kesehatan RI bekerjasama dengan Divisi Alergi Immunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, melakukan penelitian yang bertujuan untuk mencegah atau mengurangi risiko Influenza-Like Illness (ILI) pada jemaah haji Indonesia.

Penelitian dilakukan dengan melibatkan 410 jemaah haji, laki-laki dan perempuan, usia 18-65 tahun yang secara klinis dinilai sehat oleh tim kesehatan haji (tidak memiliki penyakit kronis atau menderita penyakit kronis tetapi dalam kondisi stabil). Dosis dua kali sehari diminumkann untuk kapsul Phyllanthus niruri 50 mg, selama 40 hari, sejak seminggu sebelum berangkat dari Tanah Air dan selama perjalanan ibadah haji.

“Dari penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa pemberian phyllanthus niruri dapat mengurangi risiko ILI pada jemaah haji Indonesia selama menjalankan ibadah haji.” ujar DR. Masdalina Pane, SKM, MKes, dari Subdirektorat Kesehatan Haji, Direktorat Sepimkesma Ditjen PP–PL Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagaimana dilansir dalam stimuno.com.

Influenza-Like Illness (ILI) merupakan jenis Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang sering dijumpai ditemukan pada jemaah haji Indonesia. ILI dapat mengganggu aktivitas jemaah selama ibadah haji, karena individu yang menderita ILI mengalami demam dan rasa lelah yang berlebihan.

Influenza-Like Illness (ILI) secara klinis didefinisikan sebagai infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) oleh virus dengan gejala utama batuk kering, demam (sekitar 38.50°C), rasa lelah berlebihan dan mungkin pula disertai gejala lainnya, seperti nyeri otot (myalgia), meriang, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, hilang nafsu makan.

Dari seluruh populasi kasus dengan gejala-gejala influenza, 51% merupakan ILI, dan sisanya adalah influenza. Pemberian vaksin influenza tidak dapat mencegah infeksi ILI, karena strain patogen virus yang menyebabkan ILI berbeda dengan influenza. Dibutuhkan suatu penanganan lain untuk mencegah atau mengurangi risiko ILI pada jemaah haji selama menunaikan ibadah haji.

Salah satu cara mencegah ILI adalah dengan mengkonsumsi Stimuno Forte. Produk ini merupakan imunomodulator -zat yang berperan dalam memperbaiki sistem imun tubuh- yang mengandung ekstrak phyllanthus niruri (meniran) dan telah memiliki sertifikat fitofarmaka dari BPOM.

STIMUNO Forte bekerja dengan cara membantu merangsang tubuh memproduksi lebih banyak antibodi dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja optimal. Mengkonsumsi STIMUNO Forte sebanyak 2 x sehari 1 kapsul, 1 minggu sebelum keberangkatan dan selama menjalankan ibadah umroh/haji, dapat mengurangi insiden ILI (Influenza-Like-Illness). Berdasarkan haji uji klinis pada jamaah haji indonesia, Stimuno Forte secara rutin, 89,5 persen jemaah haji terhindar dari ILI. (Sumber: Tabloid Kabar Sehat, Edisi 017/ Tahun V, Oktober-Desember 2012, Hal. 3)

Catatan  : ini bukanlah promosi akan tetapi sekedar men-share informasi agar kita bisa lebih berhati-hati. Termakasih. Semoga bermanfaat bagi kita.

(As3/SIK’ers)
Kategori: uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *