Jumat, 21 Juni 2013 dilaksanakan monitoring Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Dusun Plumbon yang dilakukan oleh tim gabungan dari Petugas Kecamatan, Koramil, KUA, PLKB, Dinas Pertanian,  Puskesmas Banguntapan 3, Ketua RT setempat dan kader-kader kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di Babadan, Perim Gedong Kuning, Sokowaten dan Tegal Rejo, Dusun Plumbon. Tim gabungan dibagi menjadi 4 Tim.

Metode yang digunakan adalah petugas masuk ke dalam rumah penduduk dan memeriksa tempat-tempat yang disukai oleh nyamuk. Diantaranya adalah bak kamar mandi, bak penampungan air, tampungan dispenser, tampungan air di bawah kulkas dan pot bunga. Peralatan yang digunakan petugas adalah senter yang berguna untuk sebagai penerangan agar keberadaan jentik nyamuk terlihat jelas. Setelah monitoring dilakukan, data segera dicatat dalam format yang sudah disediakan oleh petugas Sanitarian Puskesmas Banguntapan 3. Hal ini bertujuan sebagai hasil evaluasi kegiatan.

Setelah kegiatan selesai, diadakan evaluasi tentang monitoring PSN. dan hasilnya didapatkan :

  • Babadan RT 19 dengan ABJ 70%
  • Perum Gedong Kuning dengan ABJ 40%
  • Sokowaten RT 03 dengan ABJ 100%
  • Tegal Rejo RT 15 dengan ABJ 80%
Dari hasil tersebut diperolehlah rata-rata ABJ (Angka Bebas Jentik) di Dusun Plumbon yaitu sebesar 72,5%. Masih di bawah target nasional 95%.
Kesadaran masyarakat akan pentingnya pemberantasan sarang nyamuk perlu ditingkatkan. Ini merupakan tanggungjawab semua lapisan masyarakat baik pemerintahan maupun masyarakat itu sendiri.
STOP DBD !!!
Salam hangat bagi para pejuang kesehatan!
(by: Ast/SIKBTP3)

.

Kategori: Info Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *