IMG-20150119-WA0003 IMG-20150119-WA0002

Tim gabungan melaksanakan PSN di Dusun Sorowajan. Hasilnya masih banyak ditemukan jentik nyamuk di sekitar rumah warga. Tanpa letih petugas memberikan penyuluhan dan selalu melaksanakan koordinasi dengan lintas sektor.

Tahun 2015 baru saja dimulai. Sebagai daerah endemis DBD, Desa Banguntapan tidak mau kecolongan dengan senantiasa melaksanakan kegiatan PSN yang rutin diadakan hari Jumat tiap minggunya. Kegiatan monitoring PSN Puskesmas Banguntapan 3 diawali di Dusun Sorowajan. Saat ini Dusun Sorowajan menempati urutan ke-2 penyumbang kasus DBD di wilayah kerja  Puskesmas Banguntapan 3.

Kegiatan monitoring PSN kali ini dihadiri oleh tim kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Banguntapan, KUA Banguntapan, Koramil Banguntapan, PPL Banguntapan, Puskesmas Banguntapan 3, Dukuh, PKK Desa Banguntapan, PKK Dusun Sorowajan, serta kader jumantik. Tim turun ke lokasi / rumah penduduk dengan memberikan arahan pentingnya PSN serta memantau keberadaan jentik di lingkungan rumah.

Di akhir kegiatan dilakukan evaluasi hasil pemantauan. Hasilnya diketahui ABJ(Angka Bebas Jentuk) Dusun Sorowajan sebesar 60%. Sangat jauh dari target nasional 95%. Oleh karenanya diperlukan perhatian khusus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemantauan jentik berkala.

STOP DBD !!! Semangat untuk para pejuang DBD Desa Banguntapan!

(Ast/SIKer BTP3)

 

Kategori: uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *