IMG-20150120-WA0019IMG-20150120-WA0015IMG-20150120-WA0016

Senin, 19 Januari 2015 Puskesmas Banguntapan 3 mendapat kabar dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul bahwa telah terjadi banjir di Dusun Sorowajan RT 20. Selanjutnya Kepala Puskesmas bersama petugas sanitarian dan surveilans melakukan pemantauan untuk mengetahui kondisi warga dan lingkungan sekitar.

Ketua RT 20 menuturkan bahwa Minggu(18/1) sekitar jam 18.00 WIB curah hujan cukup tinggi begitupun dengan hari sebelumnya. Saat kejadian banjir,air sungai meluap ke rumah beberapa warga. Korban banjir diungsikan oleh Tim SAR ke rumah warga lain yang lebih aman.

Kerusakan/kehilangan akibat banjir : 2 rumah rusak, jalan rusak, saluran irigasi rusak, kolam ikan seluas 5 hektar (36 kolam) rusak, 4 sumur warga airnya keruh dan bau (2sumur sudah dikuras) serta 6 ekor kambing dan beberapa ayam hanyut.

Dari hasil pemantauan diketahui 1orang demam dan 1orang lagi pusing. Kondisi psikologis warga mulai terganggu yakni mengalami kurang tidur, cemas, dan khawatir terjadi banjir ulang. Sedangkan kondisi lingkungan juga memprihatinkan yakni sumur warga terdampak 4sumur (2sudah dibersihlan) lingkungan mulai bau akibat saluran limbah rumah tangga mati, lalat mulai ada dan rumah-rumah berantakan.

Puskesmas Banguntapan 3 menyiapkan rencana tindak lanjut berupa pendirian posko kesehatan, melakukan  perbaikan kualitas air sumur, melakukan pemantauan penyakit pasca banjir, serta penyuluhan tentang penyakit-penyakit potensial pasca banjir.

“Kala bencana datang, kepeduliaan kita sedang ditantang”

(Ast/SIKer Btp3)

Kategori: uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *