Waspada, Siklus 5 Tahun Demam Berdarah!!!

Bantul Harus Tetap Waspada Demam Berdarah

waspada dBPenderita demam berdarah terus berjatuhan. Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul hingga Januari 2015 saja sudah tercatat 120 kasus. Angka ini mendekati angka KLB Tahun 2010. Dengan adanya lonjakan kasus tersebut dihimbau kepada seluruh puskesmas di Kabupaten Bantul agar meningkatkan kewaspadaan terhadap demam berdarah dengan menggiatkan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan upaya-upaya lain guna menekan penyebaran angka kesakitan demam berdarah.

Hal ini juga ditegaskan oleh Fakultas Kedokteran UGM seperti yang dilansir oleh http://news.detik.com/

Yogyakarta – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD). Tahun 2015 ini bertepatan dengan siklus lima tahunan DBD.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada. Ini sangat penting untuk mencegah terjadinya peningkatan dan keparahan kasus DBD,” ungkap peneliti utama Eliminate Dengue Project (EDP) FK UGM, dr Riris Andono Ahmad,, di kampus UGM, Bulaksumur, Senin (2/2/2015).

Khusus untuk wilayah DIY lanjut dia, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DIY 2014 menunjukkan selama 10 tahun terakhir tren DBD selalu meningkat pada bulan Januari hingga April. Tahun 2015 ini bertepatan dengan siklus lima tahunan DBD.

Menurut Riris, Pemerintah Provinsi DIY juga telah mengeluarkan Instruksi Gubernur No 6/INST 2/2014 mengingat kasus DBD di Indonesia meningkat dengan sangat tajam setiap 3-5 tahun sekali. Sejak tahun 2005 sempat ada kejadian luar biasa (KLB). Salah satu faktor penyebabnya adalah perubahan cuaca.

Di Bantul sendiri sudah diadakan penelitian tentang nyamuk berwolbachia tepatnya di Dusun Jomblangan Desa Banguntapan. (Baca Juga : http://puskesmas.bantulkab.go.id/banguntapan3/2015/01/15/pelepasan-nyamuk-berwolbachia-dari-edp/).

Salam Hangat untuk Terus Waspada DBD!!!

(Ast/BTP3)

One thought on “Waspada, Siklus 5 Tahun Demam Berdarah!!!

  1. Demam berdarah, memang sangat berbahaya sekali,
    kita harus selalu wasoada dan melakukan pola hidup sehat.
    dan jangan sampai juga nyamuk penyebab DBD tidak berkembangbiak. salam sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *