IMG-20150218-WA0002Awal Februari 2015 di Desa Banguntapan, jumlah penderita DBD berdasarkan KDRS yang masuk ke Puskesmas Banguntapan 3 ada 22 kasus. Penderita merata dari semua dusun, terbanyak di wilayah pemukiman Lanud Adi Sucipto. Dengan jumlah ini, Desa Banguntapan menempati peringkat ketiga penderita DBD terbanyak di Kabupaten Bantul. 

Untuk menanggulangi hal tersebut, maka diadakan pertemuan koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan DBD lintas sektor pada hari Rabu 18 Februari 2015 bertempat di Aula Desa Banguntapan. Pertemuan ini dihadiri oleh Ka Sie Kemasyarakata Kecamatan Banguntapan, Kepala Desa Banguntapan, Kepala Dusun se-Desa Banguntapan, Koordinator Jumantik wilayah pemukiman Lanud Adi Sucipto, Perwakilan PIA Ardhya Garini Lanud Adi Sucipto, Kader Posyandu dari 29 posyandu, serta dari Puskesmas Banguntapan III.

ABJ Desa Banguntapan masih jauh dari target 95%. Dan dari hasil penyelidikan epidemiologi diketahui bahwa ada korelasi yang erat antara rendahnya ABJ dengan angka kejadian DBD. Untuk itu perlu digiatkan kembali JMK sebagai garda terdepan dalam penggulangan DBD. Pada pertemuan ini telah dihasilkan kesepakatan untuk bersama-sama menanggulangi DBD di desa Banguntapan dengan membentuk Pokja Siaga DBD di masing-masing dusun dengan koordinator kepala dusun. Pokja ini bertanggung jawab dalam pemantauan ABJ dusun dengan menggiatkan kembali JMK (Jumantik Mandiri Keluarga), dan penggerakan masyarakat dalam PSN. Pokja ini nantinya juga sebagai koordinator tingkat dusun berkaitan dengan penanganan DBD, misalnya mengumpulkan KDRS dari penderita termasuk koordinator pelaksanaan fogging. Dari Puskesmas Banguntapan 3 juga membagikan spanduk poster, dan stiker untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam gerakan 3 M Plus.

Semoga dengan semangat dan komitmen bersama ini dapat menekan angka kejadian DBD di desa Banguntapan di masa yang akan datang, sehingga Desa Banguntapan tidak lagi menjadi daerah endemis DBD. Mari bersama-sama bahu membahu menanggulangi DBD menuju DB4MK ( Desa Bebas 4 Masalah Kesehatan).

(Amb/btp3)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *