IMG-20150220-WA0011

Upaya-upaya pencegahan demam berdarah di Bantul terus dilaksanakan. Tidak terkecuali Desa Banguntapan yang dimotori oleh Puskesmas Banguntapan 3 melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Dusun Pelemwulung. Tim gabungan yang terdiri petugas kecamatan, KUA, PLKB, Koramil, Dukuh dan kader kesehatan dipimpin langsung oleh Camat Banguntapan pagi itu langsung meluncur ke lokasi di Dusun Pelemwulung. Tim gabungan tersebut dipecah ke dalam beberapa tim kecil.

Belum juga selesai memonitor semua rumah, petugas sudah menemukan adanya ban bekas di salah satu rumah warga. Ban bekas ini tentunya sangat berpotensi sebagai tempat perindukan nyamuk demam berdarah(Aedes Aegypti). Tim kecil yang saat itu terdapat Kepala Puskesmas Banguntapan 3, langsung menyambangi rumah tersebut dan memberikan arahan untuk membersihkan atap rumah dari ban bekas.

Pada akhir acara, diadakan rapat koordinasi dan evaluasi kegiatan. Dari hasil monitoring PSN hari ini ditemukan ABJ 66,58%. Hasil yang masih sangat jauh dari harapan. Sepertinya ABJ 95% sesuai target nasional masih menjadi mimpi panjang. Diharapkan semua pihak memberikan kontribusi nyata dalam langkah pencegahan demam berdarah. Semoga ke depan akan jadi lebih baik.

Tetap semangat!! Salam pantang menyerah!!!

(Ast/SIK)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *