Penggerakan Remaja Peduli Kesehatan Reproduksi Puskesmas Banguntapan 3

FB_IMG_1461966101689

Salam Genre, "Generasi Berencana Generasi Hebat"

Puskesmas Banguntapan III kembali memberikan gerakan inovasi di bidang kesehatan. Kali ini kegiatan yang dilakukan bertema “Generasi Berencana, Generasi Hebat”. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka pernikahan dini di Kecamatan Banguntapan.

Acara diikuti oleh siswa-siwi SMP dan SMA se wilayah kerja Puskesmas Banguntapan III dan dikemas dalam nuansa yang santai di dalam ruang Audiovisual STMIK Akakom Yogyakarta. Dibawakan dengan apik oleh kru Puskesmas Banguntapan 3 bersama pengisi materi, dr. Lucia Sri Rejeki.

Acara dibuka langsung oleh Camat Banguntapan, Bapak Jati Bayu Broto. Sebelum acara inti dimulai, sambutan disampaikan oleh Kepala Puskesmas Banguntapan 3, Sri Rejeki Arum Wahyuni,SKM,MM, dan Kepala Seksi Yankesdas Dinkes Bantul, dr Iriyanto.

Materi yang disampaikan meliputi 3 pokok bahasan, yaitu Kesehatan reproduksi, akibat pergaulan bebas dan kekerasan dalam pacaran. Pada kesempatan ini juga dijelaskan bagaimana cara mensikapi informasi yang beredar disekitar kita. Remaja jangan sampai terpapar informasi yang tidak benar. Salah satu contoh konkret yang harus diwaspadai yaitu tanyakan segala sesuatu pada orang yang tepat. Seputar masalah kesehatan reproduksi tanyakan pada tenaga medis baik bidan atau pun dokter puskesmas yang akan dengan senang hati memberikan konseling bagi remaja yang membutuhkan. Jangan ada kata malu dalam mencari tahu.

Pada sesi diskusi, siswa- siswi berebut ingin memberikan pertanyaan. Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme peserta mengikuti acara seputar kesehatan reproduksi remaja ini. Semoga angka pernikahan dini dapat ditekan melalui kegiatan ini.

FB_IMG_1461945848227

Terimakasih kepada kru Puskesmas Banguntapan 3 yang telah mempersiapkan acara ini : Erma, Erna, Yani, Santi, Ambar, Astri, Irwanti, Wawan, STNK. Bravo untuk inovasi-inovasi tiada henti!!!

(Ast/SIKer BTP3)

One thought on “Penggerakan Remaja Peduli Kesehatan Reproduksi Puskesmas Banguntapan 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *