IMG-20160514-WA0000

Sebuah gebrakan promosi kesehatan kembali diketengahkan oleh Puskesmas Banguntapan 3. Kali ini kegiatan yang disuguhkan bertema STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang diharapkan dapat mewujudkan Masyarakat Banguntapan yang Sehat dan Mandiri.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya agar semangat hadirin dapat berkobar. Sambutan diberikan oleh Camat Banguntapan, Jati Bayu Broto, SH, M.Hum dan sambutan Kepala Dinas Kesehatan diwakili oleh Kasie Penyehatan Lingkungan dan Matra, Yanatun Yunadiana,MSi.

Acara yang paling dinanti adalah sebuah drama musikal bertema STBM yang dibawakan dengan apik oleh tim Pokja Desa Siaga Sehat Banguntapan yang terdiri dari Puskesmas Banguntapan 3, polsek Banguntapan, Koramil Banguntapan, tokoh masyarakat serta kader kesehatan Desa Banguntapan. Bahkan Kepala Desa Banguntapan, Putut Damarjati,SE, dan Kepala Puskesmas Banguntapan 3, Sri Rejeki Arum Wahyuni,SKM,MM ikut mengambil peran dalam drama tersebut.

Drama ini menceritakan adanya budaya masyarakat yang masih buang air besar sembarangan (BABS) di sungai, membuang limbah yang jaraknya dekat dengan sumber air minum(sumur), buang sampah sembarangan, tidak mencuci tangan sebelum makan serta adanya pengolah makanan yang menggunakan bahan berbahaya seperti bleng dan sacharin. Hingga suatu ketika, sebuah keluarga priyayi yang senantiasa menerapkan pola hidup sehat kecolongan dan mengalami peristiwa sakit dikarenakan sang anak jajan sembarangan. Setelah ditelusuri ternyata sang anak mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat. Sempat terjadi ketegangan antara keluarga sang priyayi, penjual jajanan dan pengolah jajanan. Pada akhir cerita muncullah Kepala Desa dan Kepala Puskesmas yang menengahi ketegangan yang terjadi. Maka dicetuskanlah penegakan 5 pilar STBM.

Acara puncak adalah pendeklarasian 5 pilar STBM yang ditandatangani oleh Kasie Penyehatan Lingkungan dan Matra Dinkes Kab Bantul, Camat Banguntapan, Kepala Puskesmas Banguntapan 3, Kepala Desa Banguntapan, Ketua Pokja Desa Siaga Sehat, Kader Kesehatan, Kepala Dukuh dan Ketua RT. Penandatanganan deklarasi merupakan simbol bahwa seluruh jajaran pemwrintahan dan masyarakat Desa Banguntapan sepakat untuk melaksanakan 5 Pilar PHBS yaitu : Stop BABS, Cuci tangan dengan benar, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah, dan pengelolaan air limbah rumah tangga

Semoga kegiatan ini menjadi pintu gerbang menuju Masyarakat Banguntapan Sehat dan Mandiri serta dapat menginspirasi semua orang.

Salam Banguntapan Sehat!!!

(Ast/SIKerBTP3)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *