jambore-remaja

"Generasi Muda yang Sehat dan Bertanggungjawab (Be Healthy and Responsible"

Hari Minggu tak menyurutkan langkah Puskesmas Banguntapan III untuk terus berjuang meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Banguntapan. Kali ini kembali kegiatan inovatif dihadirkan oleh Puskesmas Banguntapan 3 berupa peningkatan kapasitas kader kesehatan remaja di Desa Banguntapan.

Tujuan diadakannya jambore remaja kesehatan kader  Desa Banguntapan adalah untuk meningkatkan pengetahuan kader remaja tentang kesehatan. Materi yang disampaikan dikemas secara apik dalam bentuk game-game seru yang disesuaikan dengan jiwa petualang seorang remaja.

Materi disampaikan dengan gaya petualangan. Kader remaja diwakili oleh putra putri dari 11 Dusun dan kader kesehatan remaja pondok pesantren. Peserta dibagi ke dalam 5 kelompok yang diberi nama : Diare, Leptospirosis, Aids, Demam berdarah dan Tipus. Masing-masing tim harus membuat yel-yel untuk penyemangat anggota timnya. Semua Tim diwajibkan mencari 5 pos yang sudah disiapkan oleh petugas.

Materi tiap pos terdiri dari : Pos I => Materi cuci tangan yang benar, Pos II => Pemilahan sampah organik dan non organik, Pos III => Cara Penularan AIDS, Pos IV => Pencegahan Demam Berdarah dengan 4M dan Pos V => NARKOBA. Pos 1,2,3 dan 4 diisi oleh petugas Puskesmas Banguntapan 3 sedangkan Pos V diisi langsung oleh Polsek Banguntapan. Pada tiap pos, materi dikemas dengan bermacam game yang berbeda. Semua pos mengedepankan kekompakan tim sebagai bahan penilaian tim paling berkualitas di akhir acara.

pol-air

Selain pengetahuan tentang kesehatan, kader kesehatan remaja dan petugas Puskesmas Banguntapan 3 juga dibekali dengan SAR air yang diisi langsung dari TNI Angkatan Udara. Awalnya semua peserta naik kapal karet, kemudian peserta diajarkan cara penyelamatan korban banjir baik korban aktif maupun pasif serta cara berenang secara berkelompok seperti yang dilakukan prajurit saat dikirim ke pelosok.

Acara diakhiri dengan penandatanganan deklarasi kader kesehatan remaja yang berisi kesiapsiagaan kader remaja Banguntapan dalam mendukung setiap program Puskesmas Banguntapan 3 untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Banguntapan.

“Be Healthy, Be Responsible”

(Ast/SIKer BTP3)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *