prolanis-tensiprolanis

 

 

 

 

Menurut profil kesehatan Puskesmas Banguntapan 3 Tahun 2016 (Data Th 2015), Hipertensi dan Diabetes Melitus(DM) masuk dalam 10 besar penyakit. Oleh karenanya diperlukan manajemen yang baik untuk kedua masalah kesehatan tersebut. Program prolanis yang diluncurkan BPJS menjadi angin segar bagi tatalaksana pengelolaan pasien hipertensi dan DM.

Kegiatan prolanis di Puskesmas Banguntapan 3 dibiayai sepenuhnya oleh BPJS dan disambut positif oleh pasien peserta prolanis..

Saat ini program prolanis masih sebatas pasien dengan jaminan BPJS saja. Di Puskesmas Banguntapan 3 mulai rutin diadakan kegiatan prolanis setiap hari Rabu minggu kedua setiap bulannya. Kegiatan prolanis meliputi pemeriksaan tekanan darah, tinggi badan dan berat badan, senam hipertensi, senam DM dan materi gaya hidup sehat bagi pasien hipertensi dan DM.

prolanis-1Tidak semua pasien hipertensi dan DM dengan jaminan BPJS otomatis menjadi peserta prolanis. Ada 2 syarat yang harus dipenuhi yaitu pasien harus mengisi inform concern yang berisi bahwa dirinya bersedia secara sukarela menjadi peserta prolanis di Puskesmas banguntapan 3 dan bersedia mengikuti kegiatan prolanis. Syarat kedua adalah menyerahkan forokopi kartu BPJS kepada petugas. Fasilitas yang diperoleh peserta prolanis adalah dapat mengikuti kegiatan prolanis yang diadakan serta berhak mendapatkan obat untuk 1 bulan. Pastinya, program ini sangat menguntungkan bagi peserta prolanis.

Tujuan diadakannya kegiatan prolanis ini adalah memantau kondisi kesehatan pasien secara berkala, mencegah timbulnya keparahan penyakit akibat pola hidup yang salah serta silaturahmi sesama penderita hipertensi dan DM sehingga pasien tidak merasa sendirian menghadapi masalah kesehatannya. Yang terpenting dari kegiatan ini adalah, hati bahagia sehingga menimbulkan pengaruh positif bagi kondisi kesehatan pasien.

(Ast/SIKer BTP3)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *