dr-tritia-spog

Demi meningkatkan kapasitas pegawai Puskesmas Banguntapan 3 dalam pelayanan terhadap ibu hamil, maka diadakanlah update knowledge bersama dr. Tritia, Sp.OG, dari RSUD Panembahan Senopati yang menyampaikan materi ANC dengan singkat, padat dan jelas.

Masalah kehamilan yang muncul diantaranya kematian ibu dan neonatus yang tinggi, penyebab utama kematian ibu adalah pre eklamsi dan infeksi, adanya penyakit lain seperti Malaria dan TBC serta meningkatnya kasus HIV/AIDS pada ibu hamil. Upaya pemecahan masalah tersebut adalah pelayanan yang komprehensif dan berkualitas. Tujuannya untuk memenuhi hak setiap ibu hamil agar memperoleh pelayanan antenatal yang berkualitas.

Petugas kesehatan diharapkan memberikan saran kepada ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan antenatal secara rutin dengan mengajak suami atau anggota keluarga minimal 1 kali kunjungan agar ada anggota keluarga yang mengetahui pasti kondisi kehamilannya. Jadwal kunjungan antenatal ke spesialis kandungan sebaiknya dilakukan pada :

  • Pertama  : sebelum 4 bulan atau < 16 minggu
  • Kedua     : 6 bulan atau 24-28 minggu
  • Ketiga     : 8 bulan atau 30-32 minggu
  • Keempat : 9 bulan atau 36-38 minggu

Dijelaskan pula pentingnya kerjasama yang baik antara bidan dan dokter Puskesmas dengan spesialis kandungan di RSUD Panembahan Senopati dalam tatalaksana ibu hamil dengan penyakit penyerta hipertensi, diabetes melitus(DM), TB maupun penyakit lain yang berpotensi membahayakan kondisi ibu dan bayi.

Acara ditutup dengan tanya jawab dan foto bersama. Semoga update knowledge ini dapat meningkatkan kerjasama dan kualitas pelayanan antenatal di Puskesmas Banguntapan 3.

(Ast/SIKer BTP3)

Kategori: Info Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *