Kebakaran dapat terjadi dimanapun dan kapanpun. Untuk itu penting bagi setiap orang untuk tetap waspada dan mempelajari seluk beluk kebakaran. Seperti yang dilakukan oleh keluarga besar Puskesmas Banguntapan 3. Siang itu, dengan penuh semangat seluruh karyawan diwajibkan mengikuti kegiatan penanganan kebakaran yang diisi langsung oleh KODAMKAR DIY.

Kegiatan diawali dengan makan bersama agar lebih akrab dan bersemangat mengikuti kegiatan. Petugas Kodamkar DIY pun menyampaikan pengantar seputar sebab kebakaran, pencegahan dan penanganan kebakaran. Petugas menjelaskan terjadinyan kebakaran akibat 3 hal yaitu udara, benda dan panas. Penanganan kebakaran ada 2 yaitu represif (pemadaman) dan preventif (pencegahan). 

Kegiatan yang paling diminati adalah saat sesi praktek memadamkan api. Karyawan secara bergantian melakukan simulasi pemadaman dengan tehnik sederhana maupun dengan bantuan APAR (alat pemadam api ringan). Untuk APAR ada beberapa jenis diantaranya serbuk, halon, gas dan busa sedangkan yang dipraktekkan adalah APAR dengan menggunakan serbuk kering karena alat ini yang selalu tersedia di Puskesmas Banguntapan 3 dan secara berkala telah diisi dan dicek langsung oleh Kodamkar DIY.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan penanggulangan kebakaran adalah agar setiap karyawan tidak panik dan siap siaga menngani resiko kebakaran yang bis saja terjadi di lingkungan rumah maupun tempat kerja. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi upaya kesehatan kerja di Puskesmas Banguntapan 3.

Salam K3!

(Ast/SIKerBTP3)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *