Sabtu, 8 April 2017 dilaksanakan acara Gathering Pengguna Nusa Health di RS Akademik UGM. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Universitas Gajah Mada, RSA UGM serta Sixcap Hospital. Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi pengguna apilkasi Nusa Health di wilayah Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh 21 Puskesmas di wilayah kabupaten/kota di Yogyakarta yang sebelumnya telah terpilih sebagai pilot dalam pengembangan aplikasi nusa health, salah satunya adalah Puskesmas Banguntapan 3.Acara dibuka langsung oleh direktur RSA UGM dilanjutkan dengan pemaparan arah perkembangan Aplikasi Nusa Health oleh pimpinan tim pengembang. Pada acara inti diisi seputar seluk beluk penyakit Diabetes Melitus oleh dr.Putu Kusumarini,MPH,SpPd,K-GH.

Aplikasi Nusa Health merupakan sebuah aplikasi kesehatan berbasis android yang dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat yang peduli pada kesehatan. Aplikasi ini dapat di download melalui playstore maupun google play dengan kata kunci nusa health. Pengguna akan mendapatkan 3 tantangan setiap harinya dan mendapatkan point yang dapat ditukarkan dengan hp android, paket perdana maupun pemeriksaan darah gratis di RSA UGM.

Perwakilan dari tim pengembang juga memaparkan tentang arah pengembangan aplikasi ini yang akan lebih menekankan pada masalah diabetes melitus. Hal ini didasari oleh banyaknya kasus DM yang kian meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari Wild S et al. Diabetes Care tahun 2004, kejadian DM di Indonesia menempati posisi ke4 dunia setelah negara India, China, dan Amerika dengan jumlah penderita sebanyak 8,4juta orang dan diperkirakan pada tahun 2030 terjadi ledakan penderita sebanyak 21,3jiwa. Oleh karenanya arah pengembangan Nusa Health selanjutnya dimaksudkan untuk membantu penderita DM dan orang dengan faktor resiko DM untuk dapat mencegah dan mengurangi resiko keparahan penyakit.

Acara ditutup dengan pembagian 2 doorprize utama berupa 2 unit sepeda polygon yang didapatkan oleh peserta dari Puskesmas Imogiri 2 dan Puskesmas Panggang. Walaupun acara telah berakhir namun meninggalkan kesan mendalam bagi peserta untuk terus bersemangat menebarkan kebaikan bagi orang-orang di sekitar.

“Salam Indonesia Sehat !”

(Ast/SIKerBtp3)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *