Pelaksanaan Posyandu Balita dan Posyandu Lansia Dusun Pelemwulung hari ini dilaksanakan sore hari tepat pukul 16.00 WIB. Meski di luar jam kerja, petugas Puskesmas Banguntapan 3 tetap bersemangat mendampingi kader kesehatan guna membantu pelaksanaan penyuluhan dan pelayanan kesehatan bagi balita dan lansia.

Posyandu adalah ujung tombak pelayanan kesehatan terhadap balita dan lansia. Karena dengan kegiatan ini, dilakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita sehingga dapat mencegah adanya kelainan tumbuh kembang yang tidak normal dan mengatasi dengan lebih dini masalah tumbuh kembang balita yang tidak normal. Bagi lansia, posyandu juga berperan penting dalam pemantauan status kesehatan serta sebagai ajang silaturahmi antar lansia menuju hari senja yang bahagia.

Disamping pemantauan kesehatan berkala, juga dilakukan penyuluhan kesehatan bagi lansia. Pada kesempatan ini diisi oleh kader GeMa CerMat Dusun Pelemwulung, Ibu El Parmuni Arif, tentang Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat. Dijelaskan bahwa setiap orang harus bijak dan cerdas dalam menggunakan obat.  Lakukan 5 hal terhadap obat : yaitu ketahui komposisi, minum sesuai petunjuk, jangan sampai salah, minum obat sesuai dosis dan tanyakan serta ketahui efek samping.

Ayo ke Posyandu!

Salam Gema Cermat!

(Ast/SIKerBTP3)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *