Ada yang berbeda dengan Puskesmas Banguntapan 3 di pagi ini. Tepat pukul 07.00 WIB laskar Prolanis Puskesmas Banguntapan 3 telah berkumpul memenuhi halaman puskesmas. Agenda hari ini adalah senam prolanis yang rutin diadakan oleh Puskesmas Banguntapan 3 setiap hari Rabu minggu ke 2 setiap bulannya. Dengan dipimpin oleh instruktur senam, Bu El Parmuni Arif, semua peserta penuh semangat mengikuti setiap gerakan yang dicontohkan.

Apa itu Prolanis? Bagaimana Pelaksanaan Program Prolanis? – Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah Sistem  pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Tujuan-nya adalah Mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

Puskesmas Banguntapan 3 sebagai FKTP Tingkat 1 yang bekerjasama dengan BPJS telah melaksanakan program prolanis sebagai wahana untuk menjalin silaturahmi dengan pasien/pelanggan serta memanfaatkan moment kegiatan ini untuk menyampaikan informasi seputar hipertensi dan Diabetes Melitus (DM) guna memperbaiki pola hidup dan mencegah timbulnya keparahahan maupun komplikasi penyakit.

Salam Prolanis !!!

(Ast/SIKerBTP3)

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *