Upaya Pengamanan Pangan Desa Banguntapan oleh Puskesmas Banguntapan 3

 

Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan tingkat pertama yang tidak hanya melayani orang sakit akan tetapi juga berusaha menyehatkan masyarakat di wilayah kerjanya. Bukan hanya upaya pengobatan tetapi juga melaksanakan upaya promotif dan preventif (penyuluhan dan pencegahan). Salah satu upaya untuk melindungi masyarakat dari bahaya pangan yang tidak sehat dilakukan oleh Puskesmas Banguntapan 3 yang dimotori oleh programer Kesehatan Lingkungan, Siti Nur Khoiriyah, S.ST, melalui kegiatan berikut :

1. Pelaksanaan Implementasi Hygiene dan Sanitasi Makanan

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di 2dusun yaitu Dusun Plumbon dan Dusun Wonocatur yang dilaksanakan pada hari yang berbeda. Kegiatan implementasi hygiene sanitasi pangan dilaksanakan dengan metode Phast (partisipatory hyegiene and sanitasi transformation) dimana kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan hygiene sanitasi yg sudah dilaksanakan oleh masyarakat dan mereka dipandu utk saling berpartisipasi dalam menyelesaikan masalahnya.

2. Pengambilan Sampel Minuman di SDN Sokowaten

Saat ini kejadian penyakit akibat makanan ataupun keracunan makanan masih saja terjadi di masyarakat. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu dilakukan monitoring terhadap tempat- tempat pengelolaan makanan diantaranya dengan mengambil sampel makanan/ minuman. Kali ini yang dijadikan pengambilan sampel minuman adalah kantin di SDN Sokowaten, Plumbon. Petugas mengambil sampel minuman di kantin sekolah dan selanjutnya akan dilakukan uji laboratorium kelayakan dari minuman tersebut.

Semoga dengan upaya monitoring hygiene sanitasi makanan minuman di wilayah Banguntapan, dapat melindungi masyarakat terutama anak sekolah dari jajanan yang tidak layak sehat. Untuk itu petugas menghimbau kepada masyarakat yang memperoleh informasi tentang jajanan yang tidak layak di sekitarnya untuk melaporkan kepada petugas agar dapat diuji keamanan dan kesehatannya agar dapat segera dilakukan tindaklanjut.

Bersama kita wujudkan masyarakat Banguntapan yang sehat dan mandiri

(Ast/SIKerBTP3)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *