Pelatihan Kader Kesehatan Jiwa Puskesmas Banguntapan 3

Dalam rangka meningkatkan kapasitas kader kesehatan jiwa dan deteksi dini kesehatan jiwa di masyarakat, Puskesmas Banguntapan 3 bekerjasama dengan Rumah Sakit Ghrasia memberikan pelatihan singkat seputar kesehatan jiwa. Petugas menjelaskan pentingnya “CERIA”(Cerdas intelektual, Empati dalam berkomunikasi dan efektif, Rajin beribadah sesuai dengan agama dan keyakinannya, Interaksi yang bermanfaat bagi kehidupan, Asah Asih Asuh tumbuh kembang dalam keluarga dan masyarakat).Kegiatan ini dilaksanakan di aula PKK Desa Banguntapan dengan peserta perwakilan dari masing-masing dusun. Setelah pelatihan ini diharapkan kader kesehatan mampu mendeteksi adanya gangguan kejiwaan yang ada di masyarakat serta selanjutnya dapat dilaporkan kepada Puskesmas Banguntapan 3 untuk ditindaklanjuti.

Ada 3 cara dalam mendeteksi kesehatan jiwa :

  1. Sehat Jiwa  : bersikap positif bagi diri sendiri, mampu untuk aktualisasi diri.
  2. Resiko Masalah Sosial : menutup diri dari pergaulan bermasyarakat.
  3. Gangguan jiwa : terganggunya kondisi kejiwaan yang ditandai dengan sedih berkepanjangan, tidak mau bergaul, menyendiri atau mengamuk.

Kegiatan ini diharapkan bukan hanya sekedar seremoni pelatihan belaka akan tetapi dapat diterapkan langsung di masyarakat agar ilmu yang didapat dapat bermanfaat dan berkelanjutan.

(DN/PromkesBTP3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *