Pelatihan Desa Siaga Bencana

Dalam rangka menanggulangi bencana khususnya di wilayah kerja Puskesmas Banguntapan III, puskesmas bekerjasama dengan Rumah sakit Panembahan senopati telah mengadakan pelatihan desa siaga bencana yang telah dilaksanakan di Aula Balai desa Banguntapan. Acara ini dihadiri oleh pengurus dan anggota Desa Siaga Bencana dan diisi oleh dua pemateri dari RS Panembahan Senopati, yang pertama bapak Nurul Budi Santoso S.Kep.NS dan ibu F Natalia Dara P SST.

Bencana adalah peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik faktor alam ataupun non alam seperti faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologi. Prinsip bila terjadi bencana yaitu :

1. Jangan Panik

2. Amati lokasi kejadian, apakah aman atau tidak

3. Apa yang terjadi?

4. Berapa jumlah korban

5. Adakah yang dapat membantu

6. Tentukan tindakan yang akan dilakukan

Kegiatan ini direspon baik oleh peserta yang hadir dalam pelatihan desa siaga bencana, hal ini terlihat saat peserta mendengar materi yang disampaikan dan saat pelatihan CFR dan pelatihan P3K yang diberikan. Diharapkan dari kegiatan ini peserta mampu mengelola bencana baik dari kegiatan sebelum terjadi bencana, saat bencana dan setelah bencana, minimal dapat menolong diri sendiri dan keluarganya serta dapat menolong lingkungan sekitar.

 

(DN/Promkesbtp3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *