AKREDITASI PUSKESMAS BANGUNTAPAN 3

 

Pringreketeg Gunung Gamping Ambrol… Cilik Puskesmase Semangate JempoL! Jempol Jempol Jempol! Yes!!!

Tanggal 30 November hingga 2 Desember 2017 adalah saat yang mendebarkan bagi laskar Puskesmas Banguntapan 3. Betapa tidak, jika 3 hari itu adalah saat Survey Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Puskesmas Banguntapan 3. Suasana semakin menegangkan ketika sebuah mobil berhenti dan 3 sosok ibu menebar senyum dan menyalami seluruh karyawan yang berjajar rapi menyambutnya. Merekalah tim surveior, dr.Retno N, MKes sebagai ketua tim sekaligus surveior bidang UKP, drg. Ambar T. surveior bidang UKM, dan drg. Yohana Sirehar, MKes selaku surveior bidang Admen.

Acara dimulai dengan doa. Suasana khidmat makin terasa ketika lagu Indonesia Raya berkumandang. Suasana menjadi haru ketika mars dan hymne Puskesmas Banguntapan 3 dinyanyikan. Dan suasana makin cair ketika yel-yel puskesmas dilantunkan.

Tiga hari berikutnya merupakan pengalaman mahal yang tak terlupakan bagi pendewasaan Puskesmas Banguntapan 3. Surveior yang hadir lebih terasa sebagai pembimbing menuju kinerja yang lebih baik. Pesan-pesan perbaikan yang dikeluarkan surveior langsung dilaksanakan hari itu juga dengan penuh semangat kebersamaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya progress perbaikan dokumen hingga hari ketiga.

Hari pertama merupakan penilaian dokumen. Hari kedua adalah telusur lapangan. Bagi tim UKM diambil Dusun Plumbon sebagai tujuan telusur. Sebagai implementasi dari program inovasi Puskesmas Banguntapan 3 yaitu “Gemar Tas Go Green: Gerakan Masyarakat Batasi Sampah menuju Banguntapan Hijau” dan “Gemar mBatik: Gerakan Masyarakat Membasmi Jentik”. Sedangkan tim UKP melakukan telusur lapangan ke Pustu Ketandan dan telusur pelayanan di hari ketiga.

Akreditasi berakhir di hari ketiga dengan closing meeting oleh surveior dan waktu diserahkan kembali kepada Kepala Puskesmas. Suasana lega,suka, duka dan bahagia bercampur menjadi satu di hari ketiga terbukti dengan keakraban dan keceriaan yang tercipta bersama surveyor.

Semoga semangat akreditasi tetap membara di hati kita! Salam Akreditasi!!!

(Siker BTP3/@st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *