Kehamilan adalah anugerah terindah dari Tuhan bagi wanita yang dilehendakiNya.

Demi memberikan pelayanan yang cepat tepat dan akurat bagi ibu hamil maka Puskesmas Banguntapan 3 mengadakan alih info bersama dr.Zidni, Sp.PD , dokter spesialis dalam dari RSUD Panembahan Senopati. Hal ini diharapkan untuk merefresh sekaligus meningkatkan pengetahuan karyawan tentang penyakit penyerta pada kehamilan.

Penyakit penyerta pada kehamilan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah :

  1. Hipertensi
  2. Diabetes
  3. ISK
  4. Hepatitis

Keempat penyakit ini adalah yang paling sering menyertai kehamilan dan perlu dilakukan kewaspadaan dini serta screening semenjak usia kehamilan muda. Penanganan awal dapat diberikan jika kehamilan diperiksakan secara rutin di sarana kesehatan. Hipertensi dapat dilakukan screening tekanan darah, ISK dilakukan dengan pemeriksaan urin di laboratorium, Diabetes dapat dilakukan melalui tes kadar gula darah dan hepatitis dapat dilakukan cek melalui tea HbSAg. Semua tes ini dapat dilakukan di Puskesmas Banguntapan 3.

Kabupaten Bantul mempunyai kebijakan bahwa setiap ibu hamil wajib dilakukan pemeriksaan HIV/AIDS, HbsAg, Hb, dan protein urin. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat dilaksanakan penanganan secepatnya jika terdeteksi lebih awal.

Mari periksa kehamilan secara rutin demi generasi sehat, generasiku hebat!!!

(Ast/SIKerBTP3)

Categories: Info Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *