Pasukan orange TK Qurrota A'yun dengan 91 anak memenuhi halaman Puskesmas Banguntapan 3

Sabtu, 3 Februari 2018 ada yang berbeda di Puskesmas Banguntapan 3. Jika pada hari biasa dipenuhi dengan pasien namun pagi itu halaman Puskesmas dipenuhi dengan anak-anak dari TK Qurrota A’yun dalam rangka kunjungan dan pengenalan profesi kesehatan di Puskesmas Banguntapan 3.

Acara penyambutan dimulai pukul 7 tepat yang dimulai dengan sambutan dari Kasubag Tata Usaha, Bapak Darmawanta,SKM,MM tentang profil singkat Puskesmas Banguntapan 3. Selanjutnya anak-anak diberikan bendera dengan pesan-pesan kesehatan yaitu tentang memilih jajanan yang sehat, gosok gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Anak-anak dibagi ke dalam 5 kelompok yang masing-masing kelompok dibimbing oleh 1orang pemandu dari Puskesmas dan ditemani ustazdah dari sekolah. Setiap kelompok secara bergantian mengelilingi Puskesmas dan diperkenalkan tentang profesi-profesi yang ada di dunia kesehatan yaitu dokter umum, dokter gigi, perawat, laboran, bidan, sanitarian, promkes, nutrisionis dan apoteker.

Yang pertama dikunjungi adalah ruang KIA dan dijelaskan tugas bidan yaitu menolong persalinan. Ruang kedua adalah laboratorium dan diharapkan anak-anak tidak takut lagi ketika cek laboratorium. Berikutnya adalah ruang farmasi, disini anak-anak dikenalkan pada jenis obat agar tidak takut lagi minum obat serta dibagikan masker sebagai alat perlindungan diri terutama ketika batuk.

Di ruang gigi anak-anak diperkenalkan pada profesi dokter gigi yang bertugas untuk memeriksa kesehatan gigi pasien. Bagi anak yang berani sebagai contoh dipersilahkan duduk di kursi pemeriksaan gigi. Semua terlihat antusias dan gembira. Tujuan berikutnya adalah ruang pemeriksaan umum, anak-anak diperkenalkan profesi dokter dan perawat. Dan terakhir adalah ruang gizi. Di sini anak-anak belajar cara menimbang berat badan dan tinggi badan.

Acara diakhiri dengan close meeting di halaman Puskesmas. Semoga setelah ini anak-anak lebih mengenal profesi-profesi di dunia kesehatan.

Salam sehat menuju Indonesia sehat!

Mari wujudkan Puskesmas ramah anak!

(Ast)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *