Mengawali Tahun 2018 Puskesmas Banguntapan 3 kembali bergerak meningkatkan derajat kesehatan lingkungan di wilayah Desa Banguntapan dengan :

1.Peningkatan Kapasitas bagi Kader Kesehatan Lingkungan

Untuk menghadapi permasalahan kesehatan yang semakin kompleks di wilayah Desa Banguntapan maka perlu adanya pembekalan bagi kader kesling yang dilaksanakan oleh Puskesmas Banguntapan 3. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Modalan pada Bulan Januari Tahun 2018 dengan nara sumber Ibu Siti Nur Khoiriyah, petugas sanitarian Puskesmas Banguntapan 3.

 

2. Cek Kualitas Air

Pengecekan kualitas air di fasilitas -fasilitas umum seperti sekolah, masjid dan sebagainya dilaksanakan secara rutin.

Yang tak kalah pentingnya adalah kualitas air di rumah tangga. Yakin kualitas air Anda memenuhi syarat? Yuk segera periksa kualitas air!

3. Koordinasi dan Pembinaan dengan Pokgi TP PKK Desa Banguntapan

Puskesmas Banguntapan 3 bersama dengan TP PKK Desa Banguntapan secara rutin melaksanakan koordinasi. Dalam kegiatan koordinasi membahas rencana kegiatan yang akan dilaksanakan.

 

4.Kunjungan Peserta Pelatihan Pemicuan 5 Pilar STBM di Dusun Plumbon

  Puskesmas Banguntapan 3 menerima kunjungan dari 27 Petugas Sanitarian Puskesmas se- Kabupaten Bantul. Peserta melihat secara langsung pelaksanaan 5 Pilar STBM diDusun PLumbon yang pada Tahun 2017 meraih Juara 2 Lomba LBS tingkat propinsi Daerah Istimewa Ygyakarta.

5. Bimtek Pengelolaan Makanan

Petugas Sanitarian Puskesmas Banguntapan 3, Ibu Siti Nur Khoiriyah, S.SiT, melakukan  inspeksi secara langsung ke lapangan menyasar para pengolah makanan yang terdapat di wilayah Desa Banguntapan. Apabila dalam proses pengolahan makanan tidak sesuai dengan cara pengolahan yang benar maka petugas langsung memberikan bimbingan teknis di tempat kepada pengolah makanan.

 

 

6. Mengikuti Lomba Kebersihan Lingkungan se-Kecamatan Banguntapan

Dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan mewujudkan Bantul bebas sampah, Puskesmas Banguntapan 3 berpartisipasi dalam kegiatan lomba kebersihan lingkungan di wilayah Kecamatan Banguntapan. Tim yuri terdiri dari lintas sektor (Kecamatan, Koramil, Puskesmas, Polsek). Dusun Jomblangan (wilayah Puskesmas Banguntapan 3) meraih juara 2 dalam lomba tersebut.

Semoga Masyarakat Desa Banguntapan semakin Sehat dan Mandiri!

(R-ma/Promkes BTP3)

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *